get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Mandi Keramas di Siang Hari Saat Puasa? Simak Hukumnya

4 Kesalahan Keramas yang Banyak Orang Tidak Tahu

Senin, 21 November 2022 | 05:30 WIB
header img
Ilustrasi keramas. (foto: freepik)

DEPOK, iNewsDepok.id - Kesalahan keramas. Mencuci rambut atau keramas salah satu step penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Hal ini tak pernah bisa dilepaskan jadi salah satu rutinitas setiap orang.

Kebanyakan orang keramas menggunakan sampo dan kondisioner. Tak jarang juga yang mempunyai cara tersendiri.

Menggunakan bahan-bahan perawatan seperti sampo, kondisioner, masker rambut dan yang lain biasanya dilihat dari kondisi rambut. Jangan sampai cara yang dilakukan membuat kulit kepala iritasi dan bahkan rambut menjadi rusak.

Ini dia 4 kesalahan keramas yang harus kamu hindari.

1. Keramas pakai air panas

Keramas menggunakan air panas berdampak cukup buruk pada kulit kepala karena suhu panasnya. Membuat kutikula rambut terbuka, hal itu menyebabkan melemahnya akar rambut dan rambut mudah patah.

2. Sampo lebih dulu baru kondisioner

Menggunakan sampo lebih dulu baru kondisioner langkah yang biasa diketahui banyak orang. Nyatanya yang benar adalah kondisioner dulu baru sampo.

Dengan mengoleskan kondisioner pada helai rambut, baru setelahnya sampo dan step terakhir menggunakan kondisioner lagi merupakan metode sandwich. "Ketika Anda mencuci rambut dengan sampo dan mengalir ke helai rambut, itu tidak akan mengeringkan atau merusak helai rambut, dan kutikula helai rambut akan tetap utuh,” kata Dr. Vanita. 

Cara ini bekerja dengan baik karena sampo memiliki kandungan surfaktan yang dapat menghilangkan helaian minyak di dalam rambut. Sehingga cara ini akan sangat menjaga kelembapan alami yang dimiliki rambut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut