get app
inews
Aa Read Next : Cegah Polarisasi di Tahun Politik, BNPT Ajak Parpol Perkuat Wawasan Kebangsaan Konsituennya

Aktif Cegah Terorisme, Walikota Tasikmalaya Muhammad Yusuf Mendapat Penghargaan BNPT

Senin, 07 November 2022 | 17:33 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH memberikan penghargaan kepada Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf atas upaya maksimal dalam pencegahan dan penanggulangan terorisme. Foto: doc BNPT

JAKARTA, iNewsDepok.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) memberikan penghargaan kepada Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf atas peran serta dan upaya maksimal dalam mencegah dan menanggulangi ideologi terorisme di Kota Tasikmalaya, Senin (7/11/2022).

Kepala BNPT RI Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH menyatakan Kota Tasikmalaya di bawah kepemimpinan Muhammad Yusuf sangat responsif dengan isu intoleransi, radikalisme dan terorisme. Langkah tersebut berperan penting dalam pencegahan terorisme terutama setelah Perpres RAN PE diteken Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2021 lalu.   

"Setelah Perpres 7 Tahun 2021 diteken, banyak peran pemerintah daerah yang kita harapkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan terorisme," kata Boy Rafli. 

Kapala BNPT RI berharap penghargaan ini dapat memotivasi daerah lain untuk aktif dalam mencegah intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf mengungkapkan sejumlah langkahnya untuk pencegahan terorisme. Bantuan dan pembinaan diberikan kepada mereka yang pernah terlibat dalam terorisme. 

Cara tersebut berdampak positif, mantan narapidana justru berada di garis depan  dalam membina generasi muda agar tidak terpengaruh radikalisme dan terorisme. Para mantan narapidana tergabung dalam Yayasan Ansharul Islam Tasikmalaya.

Muhammad Yusuf mengaku pemberian penghargaan dari BNPT menambah motivasi mereka utnuk memberdayakan kelompok yang pernah terlibat dalam terorisme. Dengan demikian upaya penanggulangan pencegahan intoleransi, radikalisme, terorisme bisa berjalan lebih efektif.
 
Muhammad Yusuf juga mengungkapkan Pemkot Tasikmalaya  bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Barat juga aktif melakukan pencegahan radikalisme dan terorisme melalui Perda Pesantren. 

Serangkaian langkah tersebut ditujukan untuk menciptakan kehidupan umat beragama yang rukun dan toleran di Tasikmalaya.
 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut