get app
inews
Aa Read Next : Lewat SisBerdaya dan DisBerdaya 2024, DANA dan Ant International Nobatkan 35 Pemenang UMKM Perempuan

Ini Harapan Pengusaha Indonesia, Setelah Xi Jinping Kembali Jadi Presiden China

Selasa, 01 November 2022 | 00:43 WIB
header img
Harapan Pengusaha Indonesia Setelah Xi Jinping Kembali Jadi Presiden China. Foto: JU PENG

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kabar datang terbaru dari China, Xi Jinping kembali terpilih menjadi presiden untuk periode ketiga. Hal ini membawa harapan bagi pengusaha-pengusaha di Indonesia.

Sarman Simanjorang Selaku Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) mengatakan jika terpilihnya Xi Jinping sebagai Presiden China akan semakin memperluas serta memperkuat kemitraan yang sudah terjalin dengan Indonesia.

Dia melanjutkan kerjasama yang terjalin tersebut ada bidang perdagangan dan investasi, yang selama ini sudah dilakukan oleh kedua negara.

"Dengan terpilihnya Xi Jinping, tentu kerja sama akan semakin berkembang dan lebih luas lagi, karena selama ini kan sudah sangat baik hubungan Indonesia dengan China, baik itu di bidang investasi, perdagangan, industri dan lain-lain," ujar Sarman kepada MNC Portal Indonesia, Senin (31/10/2022).

Dengan demikian, kebijakan bisnis yang berjalan saat pemerintahan Xi Jinping bisa dilanjutkan seperti biasanya, tanpa perlu adanya penjajakan ulang seperti jika terjadi adanya perubahan pemerintah dengan terpilihnya presiden yang baru.

Kalau presiden (China) yang baru kemungkinan perlu ada evaluasi dan lain-lain tapi dengan Xi Jinping ini karena "memang sudah selama ini memiliki hubungan dekat dengan pemerintah Indonesia tentu hubungan yang selama ini terjalin dengan baik tidak perlu diragukan lagi," ungkap Sarman.

Sarman juga mengungkapkan, terpilihnya Xi Jinping juga bisa menjadi sebuah momentum untuk Indonesia menyerap strategi-strategi China dalam meningkatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Karena, pemerintahan China dapat memberikan pembinaan yang tepat untuk menaikan kelas para pelaku UMKM.

"Kita ketahui UMKM di China memiliki kemajuan yang sangat pesat sekali dan bahkan industri UMKM di China itu sangat memiliki peran yang strategis dalam menunjang ekonomi China. Mudah-mudahan dengan jalinan hubungan yang baik diharapkan pemerintah kita bisa mencontoh China dalam hal membina UMKM-UMKM di sana yang bisa naik kelas dari mikro kecil kecil trus naik ke menengah," tutur Sarman. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut