get app
inews
Aa Read Next : Pertacami Resmi Menjadi Anggota KOI: Langkah Bersejarah dalam Dunia Tarung Campuran Indonesia

Atlet Panjat Tebing Iran Kembali, Para Penggemar Bersorak

Kamis, 20 Oktober 2022 | 17:45 WIB
header img
Atlet panjat tebing Iran, Elnaz Rekabi (33), telah kembali ke Iran setelah sebelumnya diduga hilang setelah berkompetisi tanpa hijab. Foto: @ReutersWorld

JAKARTA, iNews.id - Atlet panjat tebing Iran Elnaz Rekabi (33), telah kembali ke Iran pada Rabu (19/10/2022) setelah sebelumnya diduga hilang lantaran tak mengenakan hijab dalam kejuaraan panjat internasional (IFSC).

Berdasarkan pantauan iNews, sebuah rekaman video yang diunggah di Twitter menunjukkan Rekabi tampak disambut hangat oleh masyarakat Iran. Orang-orang tampak merekam kepulangan sang atlet dengan ponsel sambil bertepuk dan bersorak.

Rekabi menyatakan ia telah kembali dalam "kesehatan penuh" dan meminta maaf kepada "rakyat Iran atas turbulensi dan kekhawatiran yang saya buat". Ia mengulangi komentarnya kepada media pemerintah bahwa ia telah mendaki tanpa jilbab secara tidak sengaja.

Dalam komentarnya yang disiarkan televisi, Rekabi menyangkal bahwa ia tidak dapat dihubungi selama 48 jam dan mengatakan bahwa tim telah kembali ke Iran sesuai rencana. Ia juga menambahkan bahwa ia tidak berencana keluar dari tim nasional.

Komite Olimpiade Internasional menyatakan telah berbicara dengan Rekabi dan telah menerima jaminan dari Komite Olimpiade Nasional (NOC) Iran bahwa ia tidak akan menghadapi konsekuensi.

"Sebuah pertemuan bersama terjadi hari ini antara IOC, (federasi pendakian internasional) IFSC dan NOC Iran, di mana IOC dan IFSC menerima jaminan yang jelas bahwa Rekabi tidak akan menderita konsekuensi apa pun dan akan terus berlatih dan bersaing," kata seorang juru bicara IOC.

Sebelumnya, BBC Persia melaporkan pada Selasa bahwa teman-teman Rekabi tidak dapat menghubunginya setelah ia selesai bertanding tanpa hijab dalam kejuaraan panjat internasional (IFSC) di Seoul, Korea Selatan.

Hal ini sempat menimbulkan kekhawatiran akan keselamatannya. Kedutaan Iran di Korea Selatan membantah laporan tentang hilangnya Rekabi setelah kompetisi.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut