get app
inews
Aa Read Next : Duel Pilkada Depok 2024 Dijamin Seru, Supian Suri Dapat Tiket dari PAN dan Demokrat

Belanda Bakal Kembangkan Kawasan Bersejarah di Kawasan Depok Lama

Selasa, 30 November 2021 | 10:13 WIB
header img
Gereja Immanuel di Depok Lama, Kota Depok, salah satu peninggalan sejarah masa Belanda. Foto: cagarbudaya.kemendikbud.go.id

Depok - iNews.id - Kota Depok memiliki beberapa peninggalan sejarah yang bisa menjadi ikon untuk destinasi kota wisata. Kawasan bersejarah ini berada di  Depok Lama, Kota Depok, Jawa Barat. Beberapa obyek wisata sejarah di Depok Lama seperti Gereja Immanuel, Pemakaman Kamboja dan Jembatan Panus.

Pemerintah Belanda tertarik untuk mengembangkan kawasan bersejarah yang berada di Depok Lama. Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijn, mengatakan mereka berencana melakukan penataan kawasan Depok Lama menjadi cultural heritage bernuansa Belanda.

Arsitektur gedung dan bangunan di wilayah Depok Lama juga akan diubah menjadi nuansa lama. Menurut Lambert, orang Belanda sangat suka dengan arsitektur lama, sehingga jika ada kesempatan untuk memperbaiki atau merestorasi gedung-gedung di sini, di masa depan akan banyak turis yang mau mengunjungi Depok.

Meski dirinya baru pertama kali mengunjungi Depok, Lambert mengakui memiliki ketertarikan atas sejumlah peninggalan sejarah di kawasan Depok Lama ini. Pasalnya, di Depok Lama terdapat orang-orang Belanda Depok dan generasi ke-10 Cornelies Chastelein. Untuk menjadi penelitian dan knowledge kebudayaan, koneksi di sini adalah Belanda Depok dengan 11 marga dan Belanda karena banyak pengetahuan tentang Depok di Belanda.

Sebagai informasi beberapa waktu lalu, Kamis (11/11/2021), Pemerintah Belanda mengutus Duta Besarnya untuk Indonesia Lambert Grijns, didampingi Direktur Erasmus Huis drs. Yolande Melsert mengunjungi obyek bersejarah yang berada di kawasan Depok Lama, seperti Gereja Immanuel, Pemakaman Kamboja dan Jembatan Panus.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dadan Rustandi Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok dan Prof.Hendri D.S Budiono, Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, Belanda akan bekerja sama dalam pengembangan kawasan bersejarah yang berada di kawasan Depok Lama. Untuk itu, mereka sudah mendapatkan persetujuan dengan Pemerintah Belanda dan Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia.

Lambert juga mengapresiasi langkah dari Pemerintah Kota Depok yang memiliki inisiasi dalam pengembangan kawasan warisan budaya. Dengan kunjungan Kedubes Belanda bersama stakeholder ingin menjalin kerja sama mengembangkan kawasan bersejarah ini.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut