get app
inews
Aa Read Next : Viral Ular Sanca Berenang Saat Banjir di Jakarta Timur

Bendung Katulampa Siaga 1, Jakarta Waspada Banjir

Minggu, 09 Oktober 2022 | 20:25 WIB
header img
Bendung Katulampa. Foto: Ist

BOGOR, iNewsDepok.id - Ketinggian air di Bendung Katulampa Kota Bogor saat ini naik menjadi 220 cm atau berstatus siaga 1. Pada Minggu (9/10/2022) hujan mengguyur kawasan Puncak, Bogor.

Menurut Petugas Bendung Katulampa Subhan Muharam, awalnya ketinggian air masih berada pada titik 60 cm pukul 18.00 WIB. Kemudian naik menjadi 130 cm pukul 18.25 WIB dan terakhir pada titik 220 cm pukul 19.16 WIB.

"TMA (tinggi muka air) 220 sentimeter, status siaga 1," ungkap Subhan.

Dalam keterangan resmi sebelumnya pada Minggu (9/10/2022) Subhan mengatakan ketinggian air di Bendung Katulampa pada pukul 18.52 WIB naik menjadi 180 cm atau siaga 2.

Ratusan ribu liter perdetik air Sungai Ciliwung mengalir di Bendung Katulampa. Debit air tersebut diperkirakan akan tiba di wilayah Ibu Kota Jakarta dalam jangka waktu 9 hingga 12 jam ke depan.

"Untuk kondisi cuaca hujan," pungkasnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilo Patrocinuo Freitas mengimbau masyarakat khususnya di bantaran Sungai Ciliwung untuk waspada dengan potensi banjir. Personel BPBD juga saat ini sudah bersiap siaga.

"Warga agar lebih waspada khususnya di aliran Sungai Ciliwung. Personel kami siap siaga," ucap Teo.

Sebagai informasi, sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kondisi cuaca di wilayah Jabodetabek.

Wilayah tersebut berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang. Kondisi cuaca tersebut diperkirakan masih berpeluang hingga malam hari nanti.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut