get app
inews
Aa Read Next : Deradikalisasi Berbasis Kesejahteraan Berhasil, BNPT Terus Kembangkan Kawasan Terpadu Nusantara

Gulirkan Program Deradikalisasi, BNPT RI dan Pemkab Morowali Resmikan KTN Seluas 7 Hektare

Selasa, 27 September 2022 | 21:02 WIB
header img
Peresmian Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Desa Bahoea Reko-Reko, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, Sulteng hari ini Selasa (27/09). KTN merupakan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan. Foto: doc BNPT

MOROWALI, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) dan Pemerintah Kabupaten Morowali meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) seluas 7 Hektare. KTN ini untuk menggulirkan program deradiklasisasi berbasis kesejahteraan.

KTN di Desa Bahoea Reko-Reko, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, Sulteng diresmikan hari ini Selasa (27/09). 

Peresmian KTN Morowali dihadiri langsung Kepala BNPT RI, Bupati Morowali, Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,  Plh Satgas Daerah Sinergisitas Sulawesi Tengah yang mewakili Rektor Universitas Tadulako serta 10 perwakilan mitra deradikalisasi.

KTN Morowali diharapkan bisa menjadi sarana untuk mengintegrasikan antara mitra deradikalisasi dan masyarakat sekitar. Dengan demikian kesejahteraan mitra deradikalisasi dan masyarakat meningkat.

Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH menegaskan KTN ini bukan milik BNPT, tetapi milik masyarakat. 

“Kami hanya sebagai fasilitator, " kata Boy Rafli.

Secara simbolis, peresmian KTN Morowali diawali dengan dengan penanaman jagung. 

Boy mengungkapkan untuk KTN Morowali, prioritasnya adalah pengembangan pertanian dan peternakan.

Dengan keberadaan KTN, mitra deradikalisasi bisa melakukan asimilasi dengan warga sekitar melalui kegiatan pertanian dan peternakan yang produktif.

"Ini adalah wujud dari proses reintegrasi sosial. Maka dari itu BNPT mengembangkan strategi pentahelix atau multipihak agar bersama-sama menyejahterakan mitra deradikalisasi dan juga masyarakat sekitar," kata Kepala BNPT RI.

Tak hanya bagi mitra deradikalisasi dan masyarakat sekitar, KTN juga diharapkan memicu peningkatan ekonomi Kabupaten Morowali.

Sementara itu Bupati Morowali, Drs. Taslim menegaskan dukungannya pada kegiatan KTN di Kabupaten Morowali. Taslim melihat KTN Morowali bisa meningkatkan ketersediaan pangan bagi masyarakat maupun untuk kebutuhan industri.

"Tentu dengan KTN Morowali ini akan memberikan kontribusi besar untuk memasok pangan baik masyarakat maupun kawasan industri di Morowali,"  terang Taslim.

Taslim berharap KTN Morowali ini akan membuat desa-desa di sekitarnya ikut terpacu sehingga ketahanan pangan Morowali semakin membaik. 

Secara umum, program KTN  memiliki 3 pendekatan yaitu Edukasi, Ekonomi dan Pariwisata. 

Dalam pemilihan lokasi, KTN berada di kawasan wisata yang berkaitan dengan alam dan dikelola secara langsung oleh mitra deradikalisasi. Selain membantu perekonomian mitra deradikalisasi, program ini juga membantu memajukan ekonomi kreatif masyarakat sekitar kawasan KTN.

Sebelumnya BNPT RI telah meresmikan KTN di beberapa wilayah, yaitu di Kecamatan Turen Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur;  KTN di Kabupaten Sumbawa NTB,  KTN Kecamatan Kadungora Garut Jawa Barat, dan KTN Desa Bansari Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut