get app
inews
Aa Read Next : 3 Alasan Permen Jahe Jadi Obat Batuk dan Pilek yang Enak, Ini Cara Membuatnya

Cara Sehat Turunkan Kolesterol, Pakai 3 Bahan Alami Ini

Kamis, 08 September 2022 | 08:12 WIB
header img
3 bahan alami untuk menurunkan kadar kolesterol secara sehat. Foto: Frepik.

DEPOK, iNewsDepok.id  - Cara sehat turunkan kolesterol, dengan memakai 3 bahan alami. Banyak cara menurunkan kolesterol, sebaiknya pilih cara yang sehat dan alami sehingga mengurangi dampak buruk. Kolesterol tinggi berbahaya bisa memicu hipertensi dan berujung serangan jantung.

Kolestrol tinggi dipicu oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk. Kolesterol tinggi bisa dicegah dengan cara mengatur pola makan, mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, olahraga secara teratur, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi alkohol.

Berikut 3 bahan alami dan sehat untuk menurunkan kolesterol:

1. Jahe

Jahe mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram jahe setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% dalam periode 3 bulan.

Sejumlah penelitian membuktikan jahe sanggup menurunkan kolesterol jahat, kolesterol total dan trigliserida darah secara signifikan.

2. Daun Sirih

Daun yang dikenal bisa dikonsumsi sebagai jamu atau ramuan herbal ini juga mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Anda dapat menggunakan daun sirih dengan merebusnya di dalam air sampai mendidih dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3-4 lembar.

Efek penurun lipid dari daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus.

3. Kunyit

Kunyit yang merupakan tanaman herbal khas Indonesia ternyata bisa menurunkan kolesterol. Kunyit secara alami memang telah menjadi jamu tradisional di Indoensia. Itu karena manfaatnya yang besar termasuk menurunkan kadar kolesterol.

Demikian 3 bahan alami dan sehat untuk menurunkan kadar kolesterol. Tingginya kadar kolesterol wajib dikurangi untuk mencegah potensi serangan jantung.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut