get app
inews
Aa Read Next : Jangan Kalap Konsumsi Daging Kurban, Ini Tips Dinkes Cilegon

Tak Disangka, Ternyata 5 Olahraga Ini Turunkan Kadar Kolesterol dan Asam Urat

Jum'at, 02 September 2022 | 13:44 WIB
header img
Jogging salah satu jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol dan asam urat. Foto: Freepik/irachardz

DEPOK, iNewsDepok.id - Ternyata kadar kolesterol tinggi dan asam urat bisa diturunkan dengan 5 olahraga ini. Olahraga ini sangat mudah dilakukan sehari-hari.

Sebagaimana diketahui, kadar kolesterol tinggi dapat menimbulkan penyakit berbahaya lain, seperti serangan jantung.

Mengutip American Heart Association, melakukan olahraga 30 menit selama 5 hari dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Ada beberapa olahraga yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Apa saja? Berikut lima jenis olahraga yang bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol.

  1. Jogging

Jogging ini bisa menjadi pilihan yang mudah dan tepat bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol. Bila dalam kondisi sendi yang baik, jogging bisa mengontrol berat badan dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.  

  1. Berenang

Olahraga berenang. Foto: Pixabay/Keith Johnston

Tak disangka bila berenang dapat mengurangi kolesterol jahat, menurunkan berat badan, dan mendistribusikan lemak dengan baik. Berenang juga mampu menurunkan asam urat, karena ketika seseorang bergerak dalam air, tekanan persendian akan berkurang.

  1. Bersepeda

Berdasarkan Journal of American Heart Association, orang yang bersepeda hampir tidak pernah mengalami peningkatan kolesterol. Selain itu, banyak dampak positif lain saat Anda bersepeda.

  1. Lari

Berlari dapat menurunkan kadar kolesterol jika dilakukan secara rutin.Dampak positif dari berlari lainnya adalah dapat menurunkan berat badan sehinggi meminimalisir terkena penyakit jantung, karena jika sudah terbiasa lari, napas dan detak jantung akan meningkat selama beraktivitas.

  1. Yoga

Dalam beberapa kondisi tubuh, yoga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tentu gerakan-gerakan pada yoga juga dapat membantu Anda menurunkan asam urat, karena yoga bisa meningkatkan kelenturan dengan mudah.

Artikel ini tayang di Sindonews.com dengan judul “5 Gerakan Olahraga Penurun Kolesterol dan Asam Urat.”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut