get app
inews
Aa Read Next : Gandeng GP Ansor, Aice Bagikan Jutaan Es Krim ke 5.000 Masjid dan Musala di Seluruh Indonesia

Jangan Anggap Remeh, 5 Makanan Ringan Ini Sebabkan Kolestrol Tinggi

Kamis, 25 Agustus 2022 | 12:43 WIB
header img
Popcorn, makanan ringan yang memiliki kandungan kolestrol yang cukup tinggi. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang perlu ditanggapi dengan serius. Agar tidak terkena kolestrol tinggi, salah satu caranya harus mengontrol makanan. Sedikitnya, ada lima makanan ringan mengandung kolestrol tinggi yang perlu diketahui.

Kolestrol dapat berdampak buruk dan memunculkan penyakit berbahaya jika dianggap remeh dan dibiarkan terus-menerus. 

Dari pengertiannya, kolesterol bisa disebut sebagai zat sejenis lemak yang dihasilkan oleh organ hati. Jika terlalu banyak zat lemak dalam darah, akan terjadi penyumbatan pembuluh darah yang menimbulkan penyakit berbahaya.

Penyebab umum kolestrol tinggi paling umum adalah pola makan, termasuk juga kebiasaan makan makanan ringan yang untuk dicemili. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan makanan ringan yang mengandung kolesterol tinggi.

1. Cookies Manis

Dikutip dari Cleveland Clinic, selain mentega, camilan manis seperti cookies, kue, dan donat biasanya juga mengandung gula yang cukup banyak. Sehingga jenis camilan tersebut mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, yang berpotensi meningkatkan kadar trigliserida darah dan lemak tidak sehat (lipid) yang dapat memunculkan faktor risiko penyakit berbahaya. Buatlah cemilan manis sendiri di rumah sebagai solusinya. Namun, pastikan sebisa mungkin untuk mengurangi kandungan mentega dan gula dalam olahan yang dibuat.

2. Kentang Goreng

Kentang goreng adalah cemilan buruk untuk dimakan saat mengelola kolesterol tinggi dalam tubuh. Dikutip dari Eat This, cara pembuatan makanan ini adalah digoreng. Terkadang, minyak terhidrogenasi yang digunakan untuk memasaknya, dan itu juga tidak menawarkan banyak hal dalam kaitannya dengan kandungan nutrisi didalamnya.

3. Pop Corn

Pop corn tidaklah mengandung kolesterol, kecuali ditambahkan mentega dan perasa lainnya, maka itu akan membuatnya memiliki kandungan kolesterol. Dikutip dari laman Live Strong, Popcorn microwave rasa mentega mengandung sekitar 2,7 gram lemak per porsinya. Penambahan mentega ini meningkatkan kandungan lemak jenuh yang berpotensi pada peningkatan kolesterol dalam tubuh.

4. Es Krim

Rasanya yang lezat membuat es krim menjadi salah satu kudapan paling favorit. Namun, perlu diketahui bahwa es krim sendiri ternyata mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Dikutip dari Healthline, es krim merupakan produk susu penuh lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Menurut USDA, rata-rata porsi es krim vanila (1/2 cup) mengandung 4 ½ gram lemak jenuh. Angka tersebut merupakan lebih dari seperempat asupan maksimal lemak jenuh yang disarankan untuk ukuran orang dewasa

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut