Logo Network
Network

Jangan Lakukan 4 Kebiasaan Buruk Ini untuk Mencegah Darah Tinggi

Kartika/Net Depok
.
Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:59 WIB
Jangan Lakukan 4 Kebiasaan Buruk Ini untuk Mencegah Darah Tinggi
Kebiasaan buruk berikut ini bisa menyebabkan penyakit darah tinggi. Foto: Pixabay/Stevepb

DEPOK, iNewsDepok.id - Beberapa kebiasaan buruk berikut ini seringkali dilakukan setiap hari dan sudah menjadi kebiasaan, padahal bisa menyebabkan penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi umum di mana kekuatan jangka panjang darah terhadap dinding arteri cukup tinggi. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke hingga kematian.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Karena, banyak orang yang menderita darah tinggi tanpa memiliki gejala sehingga terdeteksi dalam keadaan terlambat.

Lantas apa saja kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk mencegah darah tinggi? Berikut penjelasannya seperti diolah dari berbagai sumber, pada Kamis (18/8/2022):

  1. Asupan Garam Tinggi

Konsumsi tinggi garam atau natrium dapat mempengaruhi tekanan darah. American Heart Association merekomendasikan orang tanpa hipertensi mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram natrium per hari atau setara dengan satu sendok teh.

Sementara, orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi harus mengonsumsi kurang dari 1.500 miligram sodium per hari untuk mengelola kondisi tekanan darah mereka.

  1. Tidak Makan Sayur dan Buah

Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dapat mengurangi risiko atau mengontrol tekanan darah. Para ahli menyarankan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi lebih memprioritaskan makanan yang menyehatkan jantung.

Makanan tersebut di antaranya gandum utuh, makanan berserat tinggi, aneka buah dan sayur, kacang-kacangan, seperti buncis dan lentil, ikan kaya omega-3 dua kali seminggu, minyak nabati nontropis seperti minyak zaitun, unggas dan ikan tanpa kulit serta produk susu rendah lemak.

  1. Tidak Aktif Secara Fisik

Seseorang yang tidak aktif secara fisik cenderung memiliki detak jantung yang lebih tinggi. Semakin tinggi detak jantung, semakin keras jantung harus bekerja dengan setiap kontraksi dan semakin kuat gaya pada arteri.

Kurang aktivitas fisik juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk itu, sebaiknya Anda harus aktif bergerak agar tetap sehat.

  1. Minum Alkohol

Minum alkohol bisa menyebabkan darah tinggi. Seiring waktu, minum berlebihan dapat merusak jantung. Minum lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan lebih dari dua gelas sehari untuk pria dapat mempengaruhi tekanan darah.

Artikel ini tayang di Sindonews.com dengan judul “4 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari untuk Mencegah Darah Tinggi, Nomor 2 Dilakukan Setiap Hari”.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini