get app
inews
Aa Read Next : Tol Cijago Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi, BPN Kota Depok Jelaskan Progres Pembebasan Lahan

Mengenal Dolomani Baju Adat Buton yang Dikenakan Jokowi Saat Upacara Kemerdekaan RI ke-77

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:19 WIB
header img
Dolomani, baju adat Buton, Sulawesi Tenggara dipakai Presiden Joko Widodo dalam upacara Hari Kemerdekaan RI ke-77 di Istana Negara, pada Rabu (17/8/2022). Foto: Biro Setpres

JAKARTA, iNewsDepok.id - Dalam upacara Hari Kemerdekaan RI ke-77 di Istana Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak gagah mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara, yakni Dolomani.

Baju adat tersebut berwarna merah sangat terang dengan detail embroidery silver yang menghiasi pakaian tersebut. Pecinya berwarna merah dengan motif di bagian tengah.  

Untuk detailnya, untuk innernya Jokowi mengenakan semacam kemeja etnik berwarna silver full embroidery, yang dipadukan jas merah yang indah sekali.

Lalu ditambahkan kain seperti sarung berwarna hitam putih yang dikenakan serupa dengan pria Melayu dengan kain songketnya. Untuk celana, Jokowi mengenakan celana satu set dengan outer yang dikenakan.

Terlihat ada semacam senjata yang diselipkan di sisi kiri tubuh Jokowi, sebagai bagian dari aksesori pakaian. Tongkat hitam dengan ujung emas menyempurnakan gayanya bak Raja.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai.

Lantas apa makna dari baju adat Buton yang dikenakan Jokowi?

Dolomani merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi di Kesultanan Buton. Pakaian ini cukup sering dikenakan oleh Sultan Buton ke-35 yaitu Sultan Muhamad Ali.

Adapun filosofi di balik pakaian tersebut ada di banyak unsur. Salah satunya di sulaman handmade bermotif bunga rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin.

Motif tersebut bermula dari bawah ke atas yang artinya seorang pemimpin, lalu dari atas ke bawah yang menandakan kesederhanaan dan peduli akan rakyatnya.

Selain itu, ada juga ornamen tumbuhan dengan buah yang manis, tapi gatal. Hal tersebut menggambarkan bahwa seorang sultan harus waspada terhadap bahaya yang mengancam daerahnya.

Sementara Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan pakaian adat senada dengan suaminya dengan warna ungu. Embroidery dalam baju adat tersebut berwarna emas, tampak begitu elegan.

Menariknya, Ibu Negara mengenakan headpiece super besar dan tinggi yang sepertinya terbuat dari emas. Wastra Nusantara terlihat sangat indah menyempurnakan gaya tampilannya.

Sementara untuk alas kakinya, Iriana Jokowi mengandalkan selop Hermes.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut