get app
inews
Aa Read Next : Aksi Koboi di Jatinegara Diduga Dilakukan Mantan Suami Artis

7 Selebriti Keturunan Pahlawan Nasional, dari Musisi hingga Bintang Film Terkenal

Rabu, 17 Agustus 2022 | 06:59 WIB
header img
Ashanty merupakan salah satu artis tanah air yang masih keturunan dari pahlawan Indonesia. Foto : Instagram Ashanty Ash.

JAKARTA, iNewsDepok.id – Kemerdekaan Republik Indonesia telah memasuki usia yang ke-77 tahun.

Peringatan HUT RI ini menjadi momentum mengingat jasa para pahlawan yang telah membawa negara Indonesia ke kemerdekaan.

Tak disangka, beberapa pahlawan nasional tersebut memiliki keturunan yang memiliki jiwa seni dan eksis di dunia hiburan.

Berikut para selebriti tanah air yang masih keturunan pahlawan Indonesia :

  1. Maia Estianty

Maia Estianty yang berasal dari Kota Surabaya, Jawa Timur ini masih keturunan dari Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto merupakan salah satu tokoh penting kemerdekaan Indonesia dan pemimpin abadi Sarekat Islam (IS).

Tokoh-tokoh berpengaruh Indonesia seperti Soekarno, Semaoen, Musso, hingga Maridjan Kartosoewirjo merupakan murid dari kakek buyut Maia Estianty ini.

  1. Dian Sastrowardoyo

Artis pemeran utama dalam film Ada Apa Dengan Cinta ini merupakan cucu dari pahlawan pergerakan Indonesia Prof Sunario Sastrowardoyo. Kakek Dian Sastrowardoyo ini juga merupakan mantan Menteri Luar Negeri Indonesia yang ke-7 dan Menteri Perdagangan Indonesia yang ke-12.

Prof Sunario Sastrowardoyo juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Inggris, sekaligus sebagai Rektor Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 1963.

  1. Dewi Yull

Artis dan penyanyi senior Dewi Yull adalah cicit dari R.M. Djokomono Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan kebangkitan nasional. R.M. Djokomono Tirto Adhi Soerjo juga dijuluki sebagai Bapak Pers Indonesia. Dia adalah perintis persuratkabaran dan kewartawanan Indonesia, seperti Surat kabar Soenda Berita, Medan Prijaji, dan Putri Hindia.

  1. Ashanty

Istri musisi Anang Hermansyah ini merupakan keturunan dari Datuk Prof Dr H Abdullah Siddik SH. Di masa perjuangan dirinya aktif di dalam Jong Islamietan Bond bersama Agus Salim. Abdullah Siddik juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Selatan. Selain itu dia juga merangkap sebagai Mahkamah Tentara Republik Indonesia dengan Pangkat Kolonel.

Di salah satu unggahan Instagramnya, Ashanty pernah mengunggah foto kakeknya yang berdiri berdampingan dengan Presiden Soekarno.

  1. Asri Welas

Sosok artis Asri Welas ternyata masih keturunan langsung dari Pangeran Diponegoro, putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono III Raja Kesultanan Yogyakarta yang memerintah dalam dua periode, yaitu tahun 1810 – 1811 dan 1812 – 1814. Pangeran Diponegoro yang memiliki nama asli Raden Mas Ontowiryo ini adalah sosok yang memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa melawan Belanda

  1. Setiawan Djodi

K.P.H. Salahuddin Setiawan Djodi Nur Hadiningrat atau lebih dikenal sebagai Setiawan Djodi adalah salah satu musisi kenamaan Indonesia. Dia adalah cucu dari Wahidin Soedirohusodo, seorang dokter dan penggagas berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Organisasi yang membangkitkan pergerakan untuk mencapai kemerdekaan, yang bergerak dalam bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

  1. Addie MS

Musisi Addie MS adalah putra dari pejuang kemerdekaan exponen angkatan 45 yang bernama Bandi Sumaatmadja. Hal itu diungkapkan Addie MS melalui salah satu unggahan di Instagram pribadinya. Di unggahan tersebut, Addie MS memperlihatkan surat dari Badan Penggerak Pembina Potensi Angkatan 45, yang menyebut bahwa ayahandanya merupakan salah satu anggota pejuang kemerdekaan exponen Angkatan 45.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut