get app
inews
Aa Read Next : Dilaporkan di Polda Lampung Awbimaxreborn Menetap di Australia, Gunakan Visa Khusus di Australia

Dubes Antiterorisme Australia Kunjungi BNPT di Jakarta, Perkuat Kerja Sama 2 Negara

Rabu, 03 Agustus 2022 | 20:08 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH dan Dubes Penanggulangan Terorisme Australia Roger Noble saat pembicaraa bilateral dalam penanggulangan terorisme kedua negara, Rabu (3/8/2022). Foto: doc BNPT.

JAKARTA, iNews.id - Duta Besar Penanggulangan Terorisme Australia mengunjungi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Kunjungan membicarakan konsultasi bilateral dan berbagai pengalaman dalam penanggulangan terorisme.

Dubes Penanggulangan Terorisme Australia Roger Noble berkunjung ke BNPT, Rabu (3/8/2022). Kepala BNPT Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH menerima langsung kunjungan tersebut.

Boy Rafli menyatakan BNPT memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan Australia. “Ini tercermin dari diadakannya kunjungan konsultasi bilateral lanjutan dan berbagi best practices penanggulangan terorisme antara BNPT dan Pemerintah Australia di Jakarta hari ini,” kata Boy Rafli.

Sebelumnya, BNPT juga berkunjung ke Sydney untuk membicarakan rencana kerja sama Australia yang akan memberikan pandangan tentang isu terorisme di Suriah dan Irak. 

"Saat di Sydney kami membahas pembangunan kapasitas aparatur, pertukaran informasi, dan Joint Working Group. Pada konsultasi terakhir juga disimpulkan bahwa Australia setuju untuk memberikan pengarahan kepada Indonesia tentang pandangannya tentang Suriah dan Irak," ujar Boy Rafli.

Pada kesempatan tersebut, BNPT dan Pemerintah Australia juga membahas program deradikalisasi dan pelibatan masyarakat. 

"Indonesia pun akan memberikan informasi penting kepada Australia tentang program deradikalisasi dan pelibatan masyarakat,” terang Boy Rafli.

Kolaborasi Indonesia dan Australia dalam penanggulangan terorisme sudah terjalin sejak lama. Pada peristiwa Bom Bali, kerja sama makin intens.

“Kedua negara sepakat bahwa terorisme adalah musuh bersama," ujarnya. 

Sementara itu Duta Besar Penanggulangan Terorisme Australia, Roger Noble, menjelaskan informasi yang dibagikan BNPT sangat bermanfaat untuk keberlanjutan penanggulangan terorisme di Australia.   

"Kami sudah menjalin kolaborasi cukup lama. Cara Indonesia mengintegrasikan langkah-angkah penanggulangan, sampai program bagi mantan narapidana teroris sangat bermanfaat bagi kami," kata Noble.

Australia merupakan salah satu mitra utama Indonesia tidak hanya di tingkat bilateral tetapi juga di tingkat regional dan internasional. 

Australia mendukung implementasi RAN PE di Indonesia melalui mekanisme Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ), terselenggaranya dialog CT ASEAN-Australia, hingga melakukan pertemuan pada Konsultasi Kontra-Terorisme Bilateral ke-8 dengan Duta Besar Penanggulangan Terorisme Australia pada April 2022.
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut