get app
inews
Aa Read Next : Hari Persandian dan Pentingnya Menjaga Ruang Siber di Indonesia

Wow! Inilah 6 Negara Mampu Hidup Tanpa Utang

Sabtu, 30 Juli 2022 | 06:01 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Ternyata ada negara-negara yang mampu hidup tanpa utang, bahkan masyarakatnya hidup sejahtera. Negara-negara ini tidak membutuhkan pinjaman dari lembaga keuangan internasional untuk membangun infrastruktur mereka.

Tentunya, ini berbeda dengan kebanyakan negara di dunia yang memiliki utang untuk membangun infrastruktur negaranya.

Ingin tahu negara mana saja yang mampu hidup tanpa utang? Simak pemaparan iNewsDepok.id berikut ini:

  1. Brunei Darussalam

Negara tetangga Indonesia ini merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu hidup tanpa utang. Negara ini bahkan dikenal sebagai salah satu negara terkaya. Sumber kekayaannya berasal dari kekayaan alam melimpah dan pengelolaan yang baik.

Sebagian besar penduduk Brunei terlibat dalam industri minyak dan gas. Bahkan, pendapatan warga Brunei Darussalam bisa mencapai Rp776 juta per tahun. Wow!

  1. Makau

Negara ini menjadi surga bagi para penjudi di Asia, sehingga disebut Las Vegas-nya China. Ya, Makau memang merupakan negara yang melegalkan perjudian.

Economist Intelligence Unit (EIU) mengungkapkan pertumbuhan ekonomi negara ini adalah yang tercepat di dunia. Pasalnya, Makau dapat meraup lebih dari USD45 miliar dalam pendapatan dua tahun lalu. Tentu tak heran jika negara ini tidak membutuhkan utang atau pinjaman.

  1. Liechtenstein

Liechtenstein merupakan negara merdeka terkecil keenam di dunia. Negara ini terletak di Eropa, di antara negara Austria dan Swiss. Populasi penduduk di negara ini juga sedikit, hanya sebanyak 36.925 orang.

Dengan pengelolaan yang baik, Liechtenstein mampu memiliki ekonomi yang berkembang pesat. Negara ini mampu hidup tanpa utang karena industri utama seperti elektronik, pengerjaan logam, dan farmasi.

  1. Kepulauan Virgin Britania Raya

Kepulauan Virgin Britania Raya menjadi salah satu negara yang bisa hidup tanpa utang, Negara ini merupakan negara non-Inggris dengan sistem pemerintahan independen.

Selain itu, tak hanya mampu hidup tanpa utang, negara ini juga menjadi salah satu negara bebas pajak. Jika Anda ingin berkunjung ke negara ini, Anda bahkan tidak membutuhkan visa. 

  1. Palau

Palau merupakan negara yang terletak di sebelah barat Samudera Pasifik. Negara yang memiliki 500 pulau ini berpenduduk hanya sekitar 20.918 jiwa.

Penduduk yang tidak terlalu banyak dan kekayaan alam berupa wisata air seperti scuba diving dan snorkeling ini membuat negara ini tercatat tidak memiliki utang luar negeri. 

  1. Anguilla

Anguilla juga mampu hidup tanpa utang. Negara ini merupakan negara kecil yang terletak di sebuah wilayah seberang laut Britania Raya, kawasan Karibia. Untuk mampu lepas dari jeratan utang, Anguilla mengandalkan sektor perikanan dan pariwisata untuk warganya.

Demikianlah pemaparan mengenai negara-negara yang mampu hidup tanpa utang ini, yang bahkan mampu mensejahterakan warganya dari pengelolaan kekayaan alam yang mereka miliki. Cara negara-negara ini mengelola keuangan negara dan terbebas dari jeratan utang luar negeri bisa menjadi contoh.

Artikel ini telah dimuat di idxchannel.com, dengan judul “Hidup Sejahtera, Ini 6 Negara yang Mampu Hidup Tanpa Utang.”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut