get app
inews
Aa Read Next : Kekerasan Seksual dan Psikis Butuh Lebih Banyak Perhatian dari Pemerintah Indonesia

Grand Launching, Anies Serahkan JIS kepada Jakmania, Warga Jakarta dan Indonesia

Minggu, 24 Juli 2022 | 19:10 WIB
header img
Jakarta International Stadium. Foto: Sindonews

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) bahkan menganugerahi tiga kategori rekor kepada JIS, yakni Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat, Stadion Pertama yang menggunakan Sistem Atap Buka-Tutup dan Stadion Green Building dengan Sertifikasi Platinum Pertama.

Selain itu, JIS juga telah mendapatkan sertifikat atau Greenship Level Platinum dari Lembaga Sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI), sehingga stadion ini dinyatakan berstandar FIFA.

Berikut 7 kelebihan JIS dibanding stadion lain di Indonesia.

1. JIS dilengkapi sistem audio berteknologi canggih yang mendukung untuk menggelar konser-konser besar.

2. JIS memiliki atap yang bisa terbuka atau retractable roof, sehingga tak hanya dapat digunakan untuk pertandingan sepakbola, tapi juga event besar lainnya, seperti exhibition, konser musik, bahkan acara keagamaan seperti Salat Idul Adha dan Idul Fitri sebagaimana diselenggarakan tahun 2022 ini.

3. Lampu JIS dilengkapi teknologi canggih yang membuatnya dapat mengikuti ritme suara saat konser musik.

4. Pencahayaan LED di dinding, sehingga teknologi ini dapat membuat JIS terlihat atraktif seperti halnya Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

5. JIS merupakan stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid atau perpaduan antara rumput sintetis dan rumput alami.

6. Dari kapasitas 82.000 tempat duduk, 200 di antaranya dirancang khusus untuk penyandang disabilitas, sehingga JIS menjadi stadion yang ramah bagi mereka.

Tak dapat dipungkiri, JIS merupakan salah satu jejak monumental yang diciptakan Anies sebelum masa jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 pada Oktober mendatang.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut