get app
inews
Aa Read Next : Serunya Suasana Baru Steak 21 Pesona Square Depok, Bisa Sambil Nyanyi

Ke Jogja Jangan Lupa Beli Oleh-oleh ini, Ada Yang Esktrem

Rabu, 13 Juli 2022 | 14:40 WIB
header img
Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang sudah melegenda. Hampir semua wisatawan yang datang ke Jogja selalu mencicipi kuliner ini. Foto : Instagram Gudeg Yu Djum Pusat

YOGYAKARTA, iNewsDepok.id – Kota Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang nikmat dan beragam cinderamata yang unik.

Tak hanya itu, Jogja juga memiliki beragam oleh oleh yang wajib dibeli pada saat berkunjung ke kota yang selalu ‘Ngangeni’ atau menyebabkan rindu ini.

Berikut 15 oleh oleh khas Kota Jogja yang terkenal dan wajib dibeli saat berkunjung ke Kota Jogja :

  1. Gudeg

Gudeg merupakan makanan berbahan dasar Nangka yang dimasak dengan berbagai rempah dan menghasilkan cita rasa yang gurih dan manis.

Jika dulu membeli oleh oleh gudeg dikemas dalam kendil (mangkuk kecil dari tanah liat) atau dengan besek (kotak dari anyaman bambu), kini semakin mudah dan aman karena sudah tersedia gudeg dalam kemasan kaleng.

  1. Bakpia

Bakpia adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung yang diisi dengan kacang hijau dan gula lalu dipanggang. Saat ini bakpia memiliki beragam isian, mulai keju, coklat, durian. Selain itu juga ada bakpia kukus.

  1. Belalang Goreng

Belalang goreng merupakan makanan khas Gunung Kidul. Bahan dasarnya adalah belalang yang dicampur dengan berbagai bumbu, lalu kemudian digoreng. Cita rasanya unik dan gurih, cocok dijadikan oleh-oleh.

  1. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo merupakan hasil kreasi Thierry Detournay, seorang warga Belgia yang menetap di wilayah Kotagede Jogja. Cokelat Monggo juga menjadi incaran oleh oleh para wisatawan karena cita rasanya yang nikmat.

  1. Geplak

Bagi pecinta camilan manis, wajib mencicipi Geplak. Geplak merupakan camilan tradisional yang terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan gula pasir, sehingga cita rasa yang dihasilkan adalah rasa manis.

  1. Yangko

Yangko terbuat dari tepung ketan dengan campuran gula dan kacang. Makanan ini bertekstur kenyal dengan cita rasa yang unik.

  1. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah minuman tradisional khas Jogja yang terbuat dari berbagai macam rempah alami. Karena itulah minuman yang satu ini memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Wedang Uwuh diperkenalkan pertama kali secara luas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Saat ini, banyak Wedang Uwuh yang dijual dalam kemasan, sehingga dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

  1. Kopi Merapi

Selain Wedang Uwuh, anda bisa mencoba Kopi Merapi. Kopi yang populer di kawasan merapi ini dapat anda pulang dalam kemasan kopi bubuk.

  1. Tiwul

Makanan pokok pengganti nasi khas Gunung Kidul ini juga dapat dijadikan oleh-oleh. Tiwul merupakan makanan tradisional berbahan dasar singkong yang biasanya dimakan menggunakan campuran gula dan parutan kelapa.

  1. Oseng Mercon

Bagi pecinta makanan pedas, wajib mencicipi Oseng Mercon. Oseng Mercon menjadi salah satu masakan yang sedang tren di Jogja. Saat ini Oseng Mercon juga sudah tersedia dalam kemasan kaleng. Sehingga semakin mudah dijadikan sebagai oleh-oleh.

  1. Geblek

Geblek merupakan makanan ringan khas Kulon Progo. Makanan ringan yang satu ini terlihat mirip cireng, namun cita rasa dan teksturnya berbeda.

  1. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu adalah salah satu brand kaos dan souvenir asli Jogja. Ciri khas kaos ini adalah adanya tulisan dengan kata-kata plesetan yang terkesan lucu.

  1. Batik Jogja

Kain Batik Jogja merupakan salah satu kain batik terbaik di Indonesia. Tersedia banyak pilihan motif dan beragam bentuk busana batik untuk segala usia.

  1. Kerajinan Kulit

Jogja juga memiliki pusat kerajinan kulit yang berlokasi di daerah Manding, Bantul. Disini tersedia berbagai kerajinan berbahan dasar kulit yang bisa dijadikan oleh-oleh. Seperti jaket, sepatu, tas, ikat pinggang, dan lain sebagainya.

  1. Souvenir

Kota Jogja terbilang kota wisata yang memiliki beragam jenis souvenir untuk oleh oleh. Mulai dari berbahan kulit, gerabah atau tanah liat, kayu, besi dan perak. Semuanya memiliki nilai seni yang tinggi namun dengan harga yang masih terjangkau.

Artikel ini telah tayang di www.travel.okezone.com, dengan judul “15 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Harus Anda Beli, Nomor 3 Paling Ekstrem Bikin Penasaran”.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut