get app
inews
Aa Read Next : Cerianya 70 Anak Yatim Yayasan Kursiya Kemping di Kawah Ratu

Serunya Pendakian Ringan di Jalur Pasir Reungit-Kawah Ratu

Minggu, 03 Juli 2022 | 11:26 WIB
header img
Treking ringan di Jalur Jalur Pasir Reungit-Kawah Ratu di Kawasan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Foto: Buyung Achdian/iNews Depok.

BOGOR, iNewsDepok.id - Wisata alam semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan dari orang tua hingga anak-anak. Tujuannya untuk olahraga, menghirup udara segar dan menikmati cantiknya pemandangan. Dijamin penat akibat rutinitas sehari-hari langsung lenyap. 

Salah satu lokasi yang diminati yaitu kawasan wisata gunung bunder, Pasir Reungit, Gunung Salak, Bogor. Dilokasi ini terdapat camping ground dan pendakian ringan/soft treking jalur Pasir Reungit menuju Kawah Ratu tepatnya diatas Curug Ngumpet yang sudah dibuka untuk umum sejak 01/06/2008. 


Titik awal jalur Padir Reungit-Kawah Ratu. Foto: Buyung Achdian/iNews Depok.

Menurut Mang Ica salah seorang pengelola kawasan dari Perhutani, lokasi camping dan pendakian ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu dengan jumlah pengunjung sekitar 300 orang perharinya. 

"Untuk pendaftaran pendakian waktunya hanya sampai pukul 11 siang, dan kalau cuaca buruk pengunjung tidak diperbolehkan melanjutkan pendakian" ujarnya.

Biaya camping pengunjung dikenakan tarif Rp 20.000/malam/orang. Jika melakukan pendakian ke Kawah Ratu tarifnya Rp. 15.000/orang minimal 3 orang dan salah seorang harus tahu jalur pendakian. Ini karena lama pendakian mencapai sekitar 5 jam bolak balik. 


Lokasi camping di jalur Pasir Reungit-Kawah Ratu. Foto: Buyung Achdian/iNews Depok.

Bagi peserta pendakian yang tidak tahu jalur dapat menggunakan jasa Pemandu yang sudah berpengalaman dengan tarif Rp. 300.000/rombongan maksimal 10 peserta.

"Jalur pendakiannya tidak begitu curam, jadi enak untuk olahraga jalan melatih fisik sambil menikmati pemandangan alam" ungkap Erny salah seorang pengunjung yang telah melakukan pendakian ke kawah ratu.

Bagi yang suka soft treking silahkan kunjungi lokasinya, pasti akan ketagihan karena pemandangan Kawah Ratu begitu menakjubkan, aroma belerang dengan asap mengepul serasa berada di dasar kawah gunung.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut