Logo Network
Network

Wow! 6 Negara Ini Gunakan Bahasa Indonesia, Bahkan Ada Yang Jadikan Mata Pelajaran Wajib

Tim iNews
.
Minggu, 19 Juni 2022 | 16:17 WIB
Wow! 6 Negara Ini Gunakan Bahasa Indonesia, Bahkan Ada Yang Jadikan Mata Pelajaran Wajib
Ilustrasi: guru Bahasa Indonesia sedang mengajar di depan kelas, di hadapan siswa-siswanya. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan bahasa negara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Disebut sebagai bahasa nasional, karena bahasa Indonesia antara lain berfungsi sebagai pemersatu masyarakat Indonesia dan menjadi identitas nasional.

Sedang disebut sebagai bahasa negara, karena bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar dunia pendidikan, alat perhubungan, serta alat pengembangan Iptek dan Kebudayaan.

Nah, tahukah kamu kalau bahasa Indonesia juga digunakan di sejumlah negara? Bahkan menurut laman Kemdikbud, Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara dan digunakan di 47 negara.

Kalau kamu ingin tahu negara mana saja yang menggunakan bahasa Indonesia, ini datanya;

1. Vietnam

Sama-sama berada di Asia Tenggara, Vietnam menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi ke-2 di negaranya, karena adanya hubungan bilateral antara negara itu dengan Indonesia.

2. Australia

Negara Kanguru Australia juga menggunakan Bahasa Indonesia, karena di negeri itu Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah. 

Salah satu sekolah yang mewajibkan pelajaran Bahasa Indonesia adalah Burgmann Anglican School di Ibu Kota Canberra dan University of Southern Queensland. Tak heran jika kita berkunjung ke Australia, kita akan menemukan anak-anak usia 6 tahun yang sudah fasih berbahasa Indonesia.

3. Jepang

Hubungan bilateral yang kuat antara Jepang dan Indonesia turut meningkatkan minat masyarakat Jepang untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Tak hanya bahasa, masyarakat Jepang juga punya antusiasme tinggi untuk mempelajari berbagai kebudayaan bangsa kita.

Sama seperti di Australia, di beberapa sekolah di Jepang juga menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi siswanya.

4. Kanada

Banyaknya tenaga kerja Indonesia di Kanada membuat negara tersebut menganggap Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang penting. Kanada bahkan menganggap warga negaranya harus bisa berbahasa Indonesia dengan lancar.

Saat ini, di Kanada sudah banyak ditemui berbagai tempat kursus untuk belajar Bahasa Indonesia.

5. Ukraina

Salah satu universitas terkenal dan terbesar di Ukraina, Taras Shevcenko National University of Kyiv, membuka Program Studi Bahasa Indonesia sejak tahun 2012.

Pemerintah Indonesia juga ikut mendukung program ini dengan cara memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing yang berkuliah di sana.

6. Suriname

Sekitar 14% dari total penduduk Suriname adalah orang Indonesia yang dahulu dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda untuk dijadikan buruh. Tak heran jika di negara itu Bahasa Indonesia dijadikan sebagai sebuah program studi.

Nah, apakah ini akan membuat kamu makin bangga dengan Bahasa Indonesia? Seharusnya begitu 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini