Besok, 50.000 Buruh Akan Peringati May Day di DPR dan GBK

TIm iNews
Massa buruh berdemonstrasi di Patung Kuda, Jakpus, untuk menolak UU Cipta Kerja. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sekitara 50 ribu buruh yang tergabung dalam empat organisasi akan menggelar unjuk rasa di dua lokasi terpisah di Jakarta, yakni gedung DPR dan Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (14/5/2022).

Aksi ini digelar untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) yang batal diselenggarakan pada 1 Mei lalu karena hanya selisih satu hari dengan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah yang jatuh pada 2 Mei 2022.

"Rencananya 100.000 buruh akan aksi besok 14 Mei, tetapi karena kami sudah mengadakan dialog dengan aparat keamanan dan Satgas Covid-19, maka jumlah peserta aksi kami kurangi menjadi lebih 50.000 orang karena kami akan menjalankan prokes," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).

Ada empat konfederasi serikat buruh yang turun ke lapangan besok, yakni Partai Buruh, KSPSI, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI).

Selain itu, Serikat Petani Indonesia, buruh migran, forum guru honorer, aktivis organisasi perempuan percaya, jala pembantu rumah tangga, hingga ojek online juga akan berbaur dengan para buruh.

Aksi di DPR, jelas Said, akan digelar pukul 10:00 - 12:00 WIB. Setelah itu buruh long march ke GBK, dan melakukan aksi hingga pukul 17:00 WIB.

Buruh yang terlibat seluruhnya dari Jabodetabek. Meski demikian Iqbal mengatakan, aksi serupa juga akan serempak dilakukan di 80 kota industri di Indonesia pada Sabtu besok.

"Di Surabaya, 25.000 buruh akan melakukan aksi yang sama; di Batam ada 15.000 buruh; di Semarang 5.000 buruh, Medan juga 5.000 buruh, dan Makassar terdapat 3.000 buruh. Banjarmasin juga Ternate dan beberapa kota besar lainnya melaksanakan aksi serupa," jelasnya.

 

Editor : Rohman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network