Lakukan Hal Ini Agar Mengemudi Saat Mudik Terasa Aman Dan Nyaman

Mikai Mpu
Foto : Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id – Mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi dibutuhkan persiapan yang matang. Apalagi jika jarak yang akan ditempuh sangat jauh.

Agar mengemudi saat mudik terasa nyaman dan aman, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengemudi jarak jauh.

Mengemudi dengan jarak tempuh yang jauh dibutuhkan stamina yang baik. Oleh sabab itu sebelum berangkat mudik, pastikan tubuh dalam keadaan fit. Istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat dan minum vitamin, bisa membuat tubuh menjadi fit. 

Selain kondisi tubuh, yang tak kalah penting adalah kondisi kendaraan juga harus dalam keadaan baik. Cek bagian kelistrikan, air radiator, oli, rem, ban dan pastikan semua bagian mobil berfungsi normal. Bawa juga peralatan bengkel seperti dongkrak, alat jumper aki mobil dan lainnya.

Tentukan jalur yang akan dilalui dan kenali jalur yang akan dilewati dengan mencari info di internet. Khususnya jalur yang baru pertama kali akan dilalui. Jika perlu cari info jalur alternative jika terjadi kemacetan panjang.

Untuk antisipasi terjadinya kerusakan pada kendaraan, cari info bengkel yang berada di sepanjang jalur yang dilalui. Pilih bengkel yang recomended dan simpan nomor kontaknya. Jika terjadi masalah dengan kendaraan, tinggal kontak nomor tersebut.

Atur posisi mengemudi senyaman mungkin, mulai posisi kursi, posisi kemudi, kaca spion kana kiri dan tengah. Pastikan posisi tangan dan kaki nyaman ketika memegang kemudi dan menginjak gas dan rem.

Selama mengemudi jangan lupa untuk selalu minum air putih. Minum air putih bisa menghindari dehidrasi, sehingga tetap fokus dan konsentrasi dalam mengemudi.

Ketika rasa lelah dan kantuk datang, jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi. Berhentilah di tempat yang aman atau di rest area untuk istirahat sejenak.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network