Wow Maggot Ubah Sampah Organik Jadi Duit, Mau Tau Caranya?

M Mahfud
Maggot menjadi solusi tuntas untuk mengatasi sampah organik rumah tangga. Dari sisi ekonomi, beternak maggot dengan protein tinggi menguntungkan, laku dijual untuk pakan burung, ayam, dan ikan (Foto: M Mahfud/iNews)

Menurut Mulyanto, permasalahan sampah di Indonesia sekarang ini adalah sampah organik. Sedangkan sampah anorganik sudah bisa dikelola dengan didaur ulang atau dijadikan bahan lain yang bermanfaat. 

“Sampah organik ini menimbulkan bau busuk dan aneka penyakit kalau tidak dikelola dengan baik. Nah maggot menjadi solusi tuntas untuk masalah sampah organik,” terang pria ramah ini.

Untuk RW 12 Kelurahan Jatiasih, Mulyanto bekerja sama dengan seluruh warga. Tiap hari warga menaruh sampah organik sisa makanan ke dalam ember khusus.

Tiap pagi pula, anak buah Mulyanto berkeliling RW, ke rumah-rumah penduduk mengambil ember tempat sampah organik untuk jadi makanan maggot di peternakannya.


Warga tiap hari menaruh sisa makanan (sampah organik) di ember ini dan nanti akan jadi pakan maggot di peternakan milik Mulyanto (Foto: M Mahfud/iNews.id)

Sisa makanan manusia ini harus diambil setiap hari. Dengan demikian makanan belum busuk. “Kalau makanan sudah membusuk, maggot kurang berselera. Ukuran tubuhnya jadi kecil-kecil. Jadi para prinsipnya makanan maggot itu bersih,” urai Mulyanto.

Mulyanto menyatakan cara mengatasi sampah organik rumah tangga dengan maggot adalah cara paling efektif mengatasi persoalan sampah di Indonesia. Dengan maggot, tiap rumah tangga sudah memilah sampah organik dan anorganik dari awal.

Pemilahan sejak awal ini berdampak baik bagi sampah anorganik. Sampah ini menjadi tidak kotor dan tidak bau sehingga memudahkan daur ulang.

“Dengan maggot pada akhirnya sampah rumah tangga akan jadi zero. Semuanya bisa dimanfaatkan dan tak lagi jadi perseoalan,” kata Mulyanto.

Peluang bisnis maggot

Mulyanto mengungkapkan peluang bisnis maggot terbuka lebar. Maggot bisa menjadi pakan ternak unggas dan ikan.

“Untuk pakan ternak ayam petelur sangat baik. Ayam dengan campuran pakan dari maggot, kandungan omeganya meningkat menjadi 9, bukan 3. Ini karena kandungan protein maggot sangat tinggi,” terang Mulyanto.

Mulyanto mengungkapkan selama ini, produk maggot miliknya terserap semuanya oleh pasar.

“Tidak ada masalah sama sekali dengan pasar maggot, banyak yang membutuhkan. Dari sisi ekonomi menguntungkan,” jelas pengusaha jaringan ritel farmasi ini.
 

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network