Lebih lanjut Amelia menambahkan bahwa Lazada tidak hanya menyediakan dukungan dan penawaran berbasis teknologi, tetapi juga berbagai data dan wawasan yang berguna untuk para penjual di Lazada.
“Seller Center Lazada tidak hanya menyediakan data kinerja toko secara real-time, namun juga menyediakan data dan wawasan terkait dengan tren penjualan di pasar, yang dapat dijadikan referensi untuk penyusunan strategi bisnis,” jelas Amelia.
Lazada juga menghadirkan berbagai kanal untuk mempermudah interaksi antara penjual dan pembeli. Salah satunya adalah LazMall, dengan 32.000 brand lokal dan internasional terkemuka menawarkan pengalaman belanja yang serupa dengan berbelanja di mall offline.
LazMall menawarkan berbagai keuntungan tambahan, diantaranya jaminan keaslian produk (100% original), jaminan pengiriman tepat waktu, jaminan ketersediaan stok, serta jaminan kemudahan pengembalian apabila barang yang dikirim tidak sesuai atau ternyata kurang cocok dalam 30 hari.
“Brand dan UMKM yang bergabung di LazMall akan mendapatkan banyak keuntungan, terutama dengan keberadaan kanal khusus seperti LazMart yang menjual produk kebutuhan sehari-hari dan LazBeauty yang fokus pada produk perawatan kulit dan kecantikan. Kanal khusus ini mempermudah penjual dan pembeli untuk terhubung lebih cepat, sekaligus mempercepat transaksi. Calon pembeli yang masuk ke kanal tersebut sudah pasti mencari produk di kategori yang sesuai,” tambah Amelia.
Strategi Hiperlokal dan Kekuatan Logistik Terpadu
Lazada juga berfokus pada strategi hiperlokal, yang berupaya mendekatkan rantai pasokan dengan pelanggan. Amelia menjelaskan, “Melalui implementasi strategi hiperlokal, kami memberdayakan brand dan UMKM lokal untuk memastikan produk yang banyak dicari pelanggan, tidak hanya terjamin ketersediaan dan kualitasnya, namun juga dekat dengan pelanggan. Surabaya menjadi kota percontohan untuk strategi hiperlokal, dimana kehadiran kami di Surabaya dilakukan secara holistik, tidak hanya pada pengembangan fitur dan penawaran yang ada di aplikasi, namun juga dari sisi jaringan dan infrastruktur operasional logistik yang menjadi kunci keberhasilan hiperlokal.”
Strategi hiperlokal Lazada di Surabaya menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Sejak diluncurkan pada awal Oktober 2024 lalu, terjadi peningkatan jumlah pembeli dan jumlah pasokan lokal secara berkelanjutan, dengan kontribusi penjualan local-to-local mencapai lebih dari 50% dalam waktu satu bulan sejak diluncurkan.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait
