JAKARTA, iNews Depok.id - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Dr Evita Nursanty mendorong potensi kreatif Indonesia seperti batik agar lebih mendunia. Salah satu langkah yang dapat dilakukan misalnya seperti berkolaborasi dengan brand-brand fashion atau rumah mode dunia mulai dari Dior hingga Louis Vuitton (LV).
"Potensi ekonomi kreatif Indonesia ini sangat besar, sehingga butuh kebersamaan untuk menghasilkan gelombang atau dampak besar di pasar global," kata Evita Nursanty, Senin (9/12/2024).
Menurutnya, kolaborasi produk unggulan Indonesia dengan produk global menjadi strategi penting untuk mempromosikan produk kreatif yang akan membawa UMKM semakin go international. Evita berharap Pemerintah dapat memfasilitasi untuk membuka peluang agar UMKM Indonesia semakin dilirik pasar global.
"Bisa kerja sama dengan merek global seperti Dior, Louis Vuitton dengan batik, ini perlu lebih sering dilakukan," tutur Legislator dari dapil Jawa Tengah III tersebut.
Selain itu, Evita juga menyoroti UMKM di bidang kuliner yang menurutnya juga memerlukan kerja sama dengan produk internasional untuk memperkuat posisi produk kreatif Indonesia. Pasalnya kuliner Indonesia banyak diminati.
Evita mengingatkan, Indonesia memiliki sumber rempah-rempah terbaik dunia dan kekayaan laut yang semua itu dapat dipadu dengan kekayaan tradisi yang tidak ada bandingannya. Belum lagi Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) kreatif di banyak sub-sektor unggulan.
"Ini modal besar kita untuk mendorong lebih banyak produk lokal yang berdaya saing ke pasar global," ujar Evita.
Editor : Mahfud
Artikel Terkait