Kenalkan Pertanian Sejak Dini, Siswa-siswi PAUD Kunjungi Tefa SMK PP Kementan

Tama
Anak didik PAUD melakukan kunjungan eduwisata di SMK PP Negeri Banjarbaru. Foto: Ist

BANJARBARU, iNews Depok.id - Guna mencetak SDM Pertanian yang unggul dan berdaya saing, Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan terobosan. Salah satunya dengan mengajak siswa-siswi pendidikan anak usia dini (PAUD), untuk memperkenalkan pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Idha Widi Arsanti, mengatakan di tangan milenial pembangunan pertanian akan dijalankan. Menurutnya, petani milenial adalah penggerak sektor pertanian, khususnya dalam menghadapi industri 4.0. 

Di kesempatan itu, SMK PP Negeri Banjarbaru, sebagai unit pelaksana teknis (UPT) bidang Pendidikan Vokasi Pertanian di bawah naungan BPPSDMP Kementan, terus berupaya meningkatkan kemampuan, kompetensi siswanya, dan kualitas Pendidikan di sekolah.

Beberapa waktu lalu, Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru, mendapatkan kunjungan siswa-siswa dari PAUD Islam Terpadu Robbani Banjarbaru. Anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan ini berumur 4-5 Tahun sejumlah 94 anak dan 11 guru pendamping.

Mereka berkunjung ke Teaching Factory (Tefa) SMK PP Negeri Banjarbaru, tepatnya di lahan praktek H. Idak. Anak-anak PAUD tersebut  mengunjungi beberapa wilayah eduwisata yaitu kebun lemon, kebun hidroponik, kebun sayur-sayuran kacang panjang dan timun serta laboratorium pengolahan hasil pertanian.

Mereka belajar memanen lemon yang berada di Kebun Guntung Lua kemudian dilanjutkan belajar menanam hidroponik dan memanen sayuran lahan terbuka di Lahan H. Idak. Dan yang terakhir mengunjungi Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian anak-anak PAUD belajar bagaimana cara mengolah minuman dari sari buah-buahan.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network