Hari Ini Dalam Sejarah: KLM Maskapai Tertua di Dunia, Layani Penerbangan ke Indonesia Sejak 1928

Tama
Pesawat KLM menjadi maskapai tertua yang melayani rute penerbangan ke Indonesia. Foto: KLM

DEPOK, iNews Depok.id - Hari ini, 105 tahun lalu, tepatnya 7 Oktober 1919, sebuah perusahaan penerbangan pertama di dunia didirikan di Belanda. Maskapai KLM (Koninklijke Luchtvaart Maatschappij), adalah maskapai penerbangan nasional Belanda.

Kini, KLM berkantor pusat di Amstelveen, dengan operasinya berpusat di Bandara Amsterdam Schipol.

KLM menjadi maskapai tertua yang beroperasi sejak tahun 1919, atau 105 tahun yang lalu. Mayoritas maskapai tua dunia didirikan pada 1920-an dan 1930-an di berbagai negara di dunia.

Dari catatan sejarah seperti dikutip laman resmi KLM, pada tanggal 7 Oktober 1919, Koninklijke Luchtvaart Maatschappij voor Nederland en Koloniën (Maskapai Penerbangan Kerajaan Belanda untuk Belanda dan Koloni) didirikan oleh delapan investor dari sektor bisnis dan perbankan.

Mereka bermimpi memiliki 'Flying Dutchman', yang dahulunya merupakan legenda yang terkenal. Hingga akhirnya mimpi tersebut menjadi kenyataan.

Albert Plesman diminta untuk mengambil alih manajemen perusahaan baru tersebut dan diangkat menjadi administrator KLM. Ia akhirnya menjadi Presiden pertama KLM pada tahun 1946. Sebelum perusahaan tersebut didirikan, Ratu Wilhelmina telah memberikan predikat 'Kerajaan' kepada perusahaan tersebut, yang menegaskan semakin pentingnya penerbangan sipil bagi Belanda.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network