Mengenal BKR, Pernah Berganti Nama Menjadi TKR, TRI, ABRI Hingga TNI

Tama
Pemerintah RI resmi mengangkat Kolonel Soedirman sebagai Panglima Besar TKR pada 18 Desember 1945. Foto: dok. Okezone

DEPOK, iNews Depok.id - Sejarah HUT TNI yang selalu diperingati pada 5 Oktober merupakan bagian dari perjalanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tepat hari ini, Sabtu (5/10/2024), Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari ulang tahun ke-79.

Pada ulang tahunnya kali ini, TNI mengusung tema perayaan yaitu 'TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju'. Perayaan ini mencerminkan semangat TNI yang senantiasa berintegrasi dengan masyarakat Indonesia.

Penting untuk memahami mengapa 5 Oktober dipilih sebagai hari jadi TNI. Lahirnya TNI tidak terlepas dari peranan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang ada sebelumnya. Kali ini iNews Depok merangkum sejarah perjalanan panjang TNI, dari berbagai sumber.

Sejarah HUT TNI 5 Oktober berawal sejak masa kemerdekaan Republik Indonesia. TNI merupakan perkembangan dari organisasi yang dibentuk oleh BKR.

Pada 22 Agustus 1945, dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), ditetapkan untuk membentuk tiga badan yaitu Komite Nasional Indonesia (KNI), Partai Nasional Indonesia (PNI) dan Badan Keamanan Rakyat (BKR).

BKR merupakan bagian dari Badan Penolong Keluarga Korban Perang (BPKKP) yang sebelumnya dikenal sebagai Badan Pembantu Prajurit. Badan ini berfungsi memelihara kesejahteraan anggota-anggota tentara Pembela Tanah Air (PETA) dan Heiho selama masa penjajahan Jepang.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network