Jaring Besi Situ Bahar Kembali Jebol Diterjang Arus Deras Penuh Sampah

Mada Mahfud
Jaring besi untuk menahan sampah Situ Bahar Depok kembali jebol diterjang arus yang penuh sampah. Foto: Suhardja/Juru Situ Bahar

DEPOK, iNews Depok.id – Kondisi situ di Depok. Jaring besi penahan sampah Situ Bahar, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Depok kembali jebol diterjang arus kali jantung yang penuh sampah.

Hujan deras sudah mulai berlangsung di Bogor dan Depok dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya debit air Kali Jantung meningkat.

Celakanya, banyaknya sampah yang dibuang sembarangan mengakibatkan sampah terbawa arus Kali Jantung. Tumpukan sampah plastik yang mengalir bersama arus banjir mengakibatkan jaring besi di bagian hulu Situ Bahar jebol.

”Saya cek kondisi Situ Bahar pagi ini, jaring besi kembali jebol,” kata Suhardja, Juru Situ Bahar, Jumat (27/9/2024).

Suhardja menilai jebolnya jaring besi karena tiang penahannya terbuat dari bambu. ”Jaring besi ini bisa berdiri di mulut Situ Bahar karena bersandar pada tiang bambu yang berada di tengah. Nah tiang bambunya tidak kuat menahan banyaknya sampah,” jelas Suhardja.

Suhardja menyebut penempatan jaring besi yang ditopang tiang bambu dilakukan petugas PUPR Depok sekitar 2 minggu lalu setelah berbulan-bulan rusak. ”Pagi ini kembali jebol karena tiang penahannya hanya dari bambu,” terang Suhardja.

Ia berharap petugas PUPR Depok kembali melakukan perbaikan secepatnya. ”Kalau urusan pemeliharaan seperti jaring besi ini tanggung jawabnya PUPR Depok,” imbuh Suhardja.

Jika tidak dilakukan perbaikan segera, Suhardja khawatir Situ Bahar akan penuh dengan sampah.

”Jangan sampai Situ Bahar jadi tempat sampah plastik, ini menyulitkan kami untuk pembersihan karena harus masuk ke seluruh penjuru situ,” pungkas Juru Situ Bahar ini.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network