PUPR Depok Akan Cek Jebolnya Jaring Besi Situ Bahar Depok, Sampah Plastik Numpuk

Mada Mahfud
Ketiadaan jaring besi di pintu air masuk ke Situ Bahar di Kali Jantung mengakibatkan sampah plastik menumpuk. Foto: Mada Mahfud

DEPOK, iNews Depok.id – Kondisi situ di Depok. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok akan mengecek jebolnya jaring besi Situ Bahar, Kelurahan Sukamaju Depol yang telah rusak lebih dari 6 bulan.

Akibat kerusakan jaring besi, sampah plastik masuk melalui Kali Jantung dan membuat Situ Bahar penuh dengan sampah plastik.

”Akan segera dicek ke lokasi,” kata Citra Indah, Kadis PUPR Kota Depok saat dimintai tanggapan iNews Depok, Jumat (13/9/2024).

Kerusakan jaring besi untuk memfilter sampah plastik diungkapkan Suhardja, Juru Situ Bahar kepada iNews Depok. Jaring besi mengalami kerusakan pada awal tahun 2024 setelah diterbang banjir.

Suhardja menyatakan sudah mengajukan permohonan penggantian jaring besi sejak 6 bulan lalu ke PUPR tetapi hingga kini belum ada.

Menurut Suhardja, ia setidaknya butuh 2 jaring besi untuk ditempatkan di pintu masuk Situ Bahar di Kali Jantung. Jaring besi tersebut untuk menyaring sampah-sampah plastik dan sampah ukuran besar lainnya sehingga tidak masuk ke Situ Bahar.

Ketiadaan jaring besi membuatnya sangat repot untuk membersihkan Situ Bahar yang luasnya 900 meter persegi dari sampah-sampah plastik yang masuk bebas.

”Tahu sendiri Mas, sampah plastik dan sejenisnya banyak sekali mengalir masuk lewat Kali Jantung,” kata Suhardja.

Menurut Suhardja, untuk pemeliharaan (maintenance) seperti jaring besi adalah kewenangan PUPR Kota Depok.

Sedangkan untuk urusan yang lebih besar seperti pengerukan adalah kewenangan BBWS Pusat. ”Kita sangat mengharapkan jaring besi ini, demi kebersihan Situ Bahar,” tandas Suhardja.

Situ Bahar sejak 2022 telah direnovasi BBWS Cisadane-Ciliwung dengan dibuat tempok sekeliling dan jogging track. Masyakat juga bisa duduk di pinggiran Situ Bahar dengan kursi panjang.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network