dr Ririn Jadi Wakil Wali Kota, Urusan Sampah di Kota Depok Beres

Mada Mahfud
dr Ririn Farabi Arafiq saat silaturahmi ke rumah warga di Pancoran Mas untuk edukasi kesehatan dan pengobatan gratis. Foto: Ist

DEPOK, iNews Depok.id – dr Ririn Farabi Arafiq menyatakan akan menjalankan konsepnya dalam menangani sampah secara tuntas di Kota Depok jika terpilih menjadi wakil wali kota Depok dalam Pilkada 2024.

Permasalahan sampah kini masih menjadi problem berat di Kota Depok seiring penuhnya TPA Cipayung

Cara penanganan sampah dikemukakan dr Ririn Farabi Arafiq saat silaturahmi dan pengobatan gratis di Jalan Masjid Kali Licin Pitara, Pancoran Mas, dan Jalan Masjid Al-Hukama Meruyung Limo, Rabu (14/8/2024).

Hadir dalam acara ini Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok, dr Farabi Arafiq, Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Depok H Dindin Saprudin, Wakil Ketua DPRD Kota Depok H Tajudin Tabri, Ketua Komisi D DPRD Kota Depok Partai Golkar Supriatni, Anggota Legislatif DPRD Kota Depok terpilih Samuel BP Situmorang, dan Jimmy Falentino dari Yellow Clinic RS Citra Arafiq.

Kehadiran dr Ririn disambut antusias masyarakat. Mereka menantikan pemeriksaan dan pengobatan gratis. dr Ririn memang identik dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis karena tiap hari berkeliling di satu titik ke titik berikutnya di Kota Depok.

Usai pengobatan gratis, dr Ririn melakukan edukasi seputar kesehatan dan lingkungan. Salah satu bahasan yang mendapat penekanan kali ini adalah penanganan sampah.

Menurut dr Ririn, dari sisi aturan, Kota Depok sudah memberlakukan penghapusan retribusi sampah untuk rumah tangga berdasar Perda Kota Depok Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah.

"Hal ini dilakukan dengan tujuan mendorong masyarakat memilah sampahnya masing-masing," kata dr Ririn.

dr Ririn menyatakan aturan pemilahan sampah akan dimaksimalkan jika dia menjabat wakil wali kota Depok. "Dengan pemilahan sampah dan pengolahan, sampah yang tersisa hanya akan tinggal 5 persen sehingga sampah tidak akan menumpuk di TPA (Tempat Pembuangan Akhir)," kata dr Ririn.

Calon wakil wali kota Depok ini menyatakan penanganan sampah memang harus terintegari semenjak tingkat RT. Sampah harus dipilah dan dipilih sesuai jenisnya sejak awal.

"Dengan pemilahan, 95 persen sampah bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain dan didaur ulang.," tegas Ketua Himpunan Wanita Karya Kota Depok ini.

Pemanfaatan sampah untuk sampah organik antara lain menjadi pupuk, pakan ternak, biogas dan aneka manfaat lain.

Sedangkan sampah anaorganik akan diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual sehingga dapat memberi manfaat. "Jika saya terpilih nanti menjadi wakil wali kota Depok, selain masalah kesehatan, masalah sampah di Kota Depok juga akan saya bereskan," tegas dr Ririn.

Warga yang antusias dengan aksi sosial dan edukasi seputar kesehatan dan sampah, menyatakan dukungan pada dr Ririn untuk menjadi wakil wali kota Depok.

Dikpol Maksimalkan Media Sosial untuk Menangkan Imam-Ririn

Sementara itu Partai Golkar melanjutkan Program Pendidikan Politik (Dikpol). Hari ini, Rabu (14/8/2024), Dikpol tingkat kelurahan berlangsung di Jalan Damai, RT 04, RW 06, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas.

Hadir para pengurus partai antara lain Ketua DPD Golkar Kota Depok dr Farabi Arafiq, Ketua Bidang Organisasi H Fauzi Rahman, Ketua Komisi D DPRD Kota Depok Fraksi Partai Golkar Supriatni, Sekretaris Pengurus Kecamatan Pancoran Mas Irsan Randi, Ketua Pengurus Kelurahan Mampang Ricandi, Tokoh Senior Partai Golkar Kota Depok Hj Sita Rumita, Ketua AMPG Kota Depok Jimmy Falentino dan para pengurus partai Golkar se-Kelurahan Mampang.

Dikpol diikuti 50 kader Golkar di wilayah Kelurahan Mampang. Mereka akan mendapatkan materi tentang kepemimpinan, politik dan ekonomi serta keahlian memanfaatkan medsos untuk memenangkan Imam-Ririn.

"Dikpol di tingkat kelurahan dimaksud agar Partai Golkar di Kota Depok masuk di setiap akar rumput ditingkatkan RT dan RW sehingga dapat mewujudkan kemenangan pasangan Imam-Ririn," kata Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok, dr Farabi.

Sedangkan dr Ririn menegaskan penguatan simpul di setiap RT dan RW harus terus dilakukan.

"Kemenangan harus kita perjuangkan. Kita tidak boleh berdiam diri, kita harus terut bergerak," seru dr Ririn.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network