Modus Baru Penipuan Berkedok Pembuatan ATM Bank Hebohkan Warga Depok

Rivalino
Tangkapan layar video viral penipuan berkedok pembuatan kartu ATM bank. (Foto: iNews Depok/ist)

DEPOK, iNews Depok. id - Warga Depok kembali dihebohkan dengan modus penipuan yang semakin kreatif. Kali ini, pelaku menyasar outlet-outlet kecil dengan menyamar sebagai petugas bank yang menawarkan pembuatan ATM. Kejadian ini terjadi di outlet Hirami Laundromat, Jalan Nusantara, Beji, Depok, dan viral setelah diunggah oleh akun Instagram @depok24jam.

Berdasarkan unggahan tersebut, pelaku datang ke outlet tersebut dan menawarkan pembuatan ATM sebuah bank kepada penjaga outlet. Pelaku bahkan memberikan kartu nama dan meminta korban mengisi formulir dengan iming-iming hadiah menarik berupa voucher belanja di Alfamart.

"Nah, posisi saat itu yang jaga outlet 1 orang. Jadi HP penjaga outlet itu dibawa dengan dalih akan ditukarkan gift ke Alfa dengan bantuannya," kata rekan korban, dalam unggahannya, dikutip iNews Depok.

Tidak berhenti sampai di situ, pelaku semakin meyakinkan korban dengan membawa kabur ponsel penjaga outlet dengan dalih akan menukarkan voucher belanja tersebut. “Eh, ditunggu-tunggu kok nggak balik,” ujar korban yang mulai merasa curiga. Untuk mengelabui korban, pelaku sengaja meninggalkan tasnya di outlet.

Namun, setelah menunggu cukup lama dan pelaku tak kunjung kembali, korban akhirnya memutuskan untuk memeriksa isi tas tersebut. Alangkah terkejutnya korban saat mendapati bahwa isi tas tersebut hanya berupa kacamata dan uang tunai sebesar Rp30.000.

"Pas sudah lama nggak balik, penjaga outlet bongkar tas si cowok ini. Ternyata isinya kacamata sama uang 30 ribu," tegas rekan korban dalam tersebut.

Tak ayal, aksi penipuan ini pun menuai beragam komentar dari netizen. Banyak yang merasa geram dengan tindakan pelaku dan mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada.

"Heran orang kita gak pernah kehabisan akal buat tipu menipu ya, selalu ada inovasi," tulis akun @ rjn_22. "Lagian mau aja kocak hp Hp dibawa sama orang yg gk dikenal," timpal akun @ enda_barkley.

Peristiwa ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tidak masuk akal. Selalu pastikan identitas dan legalitas dari pihak yang menawarkan suatu produk atau jasa. Jika merasa curiga, segera laporkan ke pihak berwajib.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network