TPA Cipayung Nyaris Penuh: Ini Solusi dr Ririn Atasi Sampah di Depok

Mada Mahfud
dr Ririn saat silaturahmi ke Cipayung Jaya RT 01 RW 03 Kecamatan Cipayung. Foto: Ist

DEPOK, iNews Depok.id TPA Cipayung nyaris penuh dan kesulitan menampung sampah dari Kota Depok. Untuk mengatasi hal tersebut dr Ririn Farabi Arafiq, calon wakil wali Kota Depok menyatakan perlunya pemilahan sampah dan pengolahan sampah dari awal hingga akhir.

TPA Cipayung dikabarkan tutup 2 hari pada Sabtu dan Minggu ini (10-11 Agustus 2024). Longsor gunung sampah membuat kendaraan pengangkut sampah kesulitan masuk.

dr Ririn menjabarkan konsepnya dalam mengatasi masalah sampah di Kota Depok saat silaturahmi ke Cipayung Jaya RT 01 RW 03 Kecamatan Cipayung, tepatnya di kediaman bidan Eka Muzaifa, Sabtu (10/8/2024)

Kehadiran dr Ririn seperti biasa, disambut hangat warga. Maklum dr Ririn identik dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis.

Tak ayal puluhan warga, terutama lansia duduk berbaris menjalani pemeriksaan dari dr Ririn.

Usai melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis, dr Ririn menguraikan konsepnya dalam menangani sampah di Kota Depok.

Menurut dr Ririn, penanganan sampah harus dimulai dari rumah tangga. Setiap rumah tangga di Depok harus memilah sampahnya.

"Intinya permasalahan sampah harus diatasi semua warga Depok, kerja bareng-bareng semua warga, tanpa terkecuali," kata dr Ririn.

Dengan sampah dipilah sejak dari rumah, maka 95 persen sampah bisa didaur ulang dan di olah.

"Tersisa paling banyak 5 persen sehingga tak lagi membuat masalah tempat penampungan akhir seperti TPA Cipayung," kata dr Ririn.

Menurut dr Ririn, jika dikelola dengan baik, sampah bisa menghasilkan duit. "Sampah seperti kertas, plastik, logam bisa dijual untuk didaur ulang."

Sedangkan sampah organik bisa digunakan untuk pembuatan kompos atau pakan maggot. "Maggot harganya cukup mahal bisa untuk pakan ternak seperti untuk ternak unggas, burung, dan ikan," imbuh dr Ririn.

Sedangkan sampah yang tidak bisa diolah antara lain, sampah yang mengandung limbah berbahaya seperti baterai dan stirofoam yang jumlahnya kurang dari 5 persen dari total sampah.

dr Ririn menyatakan program penanganan sampah akan menjadi agendanya jika terpilih menjadi wakil wali kota Depok berpasangan dengan Imam Budi Hartono.

Warga yang mendengarkan konsep tersebut, menyatakan dukungan pada Imam-Ririn dalam Pilkada Depok 2024.

"Kami warga Cipayung Jaya RT 01 RW 03 Kecamamatan Cipayung mendukung Imam-Ririn untuk menjadi wali kota dan wakil wali kota Depok," seru warga.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network