Antisipasi Darurat Pangan, Siswa SMK-PP Negeri Banjarbaru Terjun Langsung ke Lahan Pertanian

Tama
SMK Pertanian Pembangunan (SMK PP) Negeri Banjarbaru sebagai salah satu UPT Kementan, menerjunkan siswa praktik kerja lapangan. Foto: Ist

“Makanya, para petani selalu sehat dan berumur Panjang, saya juga mendorong siswa untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya, terus berkoordinasi dengan Balai Pelatihan Pertanian, akrab dengan penyuluh dan dekat dengan petani serta masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana dan Kesiswaan, Patmawati nantinya siswa akan tinggal di rumah petani yang dekat dengan lahan persawahan, agar benar-benar membantu petani.  

“Tugas mereka tentu saja untuk turut membantu para petani dan penyuluh, sehingga perluasan area tanam dapat lebih cepat dilakukan. Selain dituntut hidup mandiri jauh dari orang tua, mereka juga harus banyak belajar bagaimana hidup sebagai seorang petani, mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi,” ucap Patmawati.  

Pada hari pertama kegiatan, seluruh siswa langsung turun ke lapangan.  Mereka melakukan tanam perdana di lokasi persawahan Desa Segumbang bersama Kepala Sekolah, guru pendamping, penyuluh pertanian dan petani setempat.

Kemudian di Kabupaten Tapin siswa juga terjun langsung ke sawah membantu petani di Kecamatan Tapin Selatan. Selanjutnya Kabupaten Banjar siswa terjun ke lahan wilayah Kecamatan Mataraman.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network