Ini Kemudahan Petani Muda Kalsel Dalam Menggarap Pertanian

Tama
Kementan memberikan dukungan kepada petani muda di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Foto: Ist

Kali ini, SMK-PP Negeri Banjarbaru mengadakan Millenial Agriculture Forum (MAF) edisi Tani Akur dengan tema "Inovasi Sumber Permodalan Alternatif Untuk Petani Muda" secara luring daring Zoom. Bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu.

MAF Rabuan ini dihadiri oleh lima narasumber diawali narasumber pertama yaitu Fuad Zaki Yamani, Manager Regional Pengawasan & Monitoring PNM Mekar Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Ia memaparkan terkait pengembangan kapasitas usaha (PKU) yang ada di PT. PNM Mekar.

Narasumber kedua Olivia, dari account officer Pegadaian Cabang Barabai (Banua Lima). Ia menyampaikan terkait fokus bisnis di pegadaian seperti gadai, emas, pembiayaan dan jasa lainnya.  Ia memaparkan juga kredit apa yang bisa dipakai oleh petani yang ingin mengembangkan usaha, seperti pembiayaan KUR, ultra mikro, kreasi reguler, dan kreasi fleksi.

Narasumber ketiga Hadi Saputra, selaku Koordinator BPP Sungai Raya. Sebagai BDSP Program YESS atau juga BPP. Tugasnya adalah memberikan bimbingan layanan bisnis adanya di tempatnya. Jadi nantinya para petani muda yang akan diikutkan dalam kegiatan pertanian di sini akan diajarkan dan ditingkatkan.

Narasumber keempat yaitu Khairani, Offtaker Kecamatan Sungai Raya, yang bergerak dalam usaha budidaya cabai dan peternakan. Ia menyampaikan bekerja sebagai petani lumayan menguntungkan hasilnya.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network