Kemenkeu Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 2024 di Kisaran 5-5,2%

Gabriel Arti Kunanto
Foto Instagram @smindrawati

JAKARTA, iNews Depok.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun 2024 akan berada dalam rentang 5% sampai 5,2%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan pentingnya peran ekonomi domestik sebagai penyangga di tengah ketidakpastian ekonomi global. Beliau menyoroti perlunya kewaspadaan terhadap faktor-faktor eksternal yang berada di luar kendali pemerintah.

"Kita harus tetap waspada terhadap lingkungan global terutama di-drive perubahan dari pemerintahan dengan hasil pemilu dan hubungan antar negara-negara yang mengalami ketegangan yang sangat penting dengan geopolitik meningkat," ucap Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR pada Senin (9/7/2024).

Menurut Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi semester I 2024 diproyeksikan akan tetap bertahan di atas 5%. Faktor-faktor pendukung meliputi konsumsi yang masih kuat, didorong oleh inflasi yang terkendali, kenaikan gaji aparatur sipil negara, pemberian tunjangan hari raya dan gaji ke-1.

"Kinerja ekspor yang masih mengalami pelemahan dibandingkan semester I 2023 tetapi masih positif ini memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi semester I 2023," tambah Sri Mulyani.

Meski menghadapi tantangan global, pemerintah tetap optimis terhadap prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2024. Dengan mengandalkan kekuatan permintaan domestik, pengendalian inflasi, dan keberlanjutan proyek-proyek strategis, diharapkan ekonomi nasional dapat mempertahankan momentum pertumbuhannya. Namun, kewaspadaan terhadap dinamika global tetap diperlukan untuk mengantisipasi potensi gejolak yang mungkin timbul.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network