Tips Praktis Ala IKEA Persiapkan Kebutuhan Anak Sekolah di Tahun Ajaran Baru

Novi
Ki-ka: MC, Ririn Basuki, Evert F. Fanggidae, Dimas Haryo Wirawan, dan Fabiola Priscilla. Foto: Novi

“Melakukan berbagai macam persiapan sekolah dengan matang, dapat membantu mengajarkan keterampilan hidup yang penting pada anak seperti kemandirian, tanggung jawab, dan manajemen waktu,” kata Fabiola.

Evert F. Fanggidae selaku Kepala Sekolah SD BPK Penabur Pondok Indah, juga menekankan bahwa guru memiliki peran penting dalam persiapan sekolah anak. Oleh sebab itu, guru dan orangtua harus bersinergi agar anak dapat menjalani hari pertama sekolah dengan percaya diri.

“Dukungan berupa komunikasi yang lancar antara orangtua dan guru merupakan salah satu kunci utama dalam kesuksesan anak di sekolah. Dengan memberikan informasi yang lengkap melalui buku panduan sekolah atau menyediakan forum tanya jawab melalui group chat, guru diharapkan dapat membantu mengurangi kekhawatiran orangtua dan anak dalam menjalani hari pertama sekolah,” kata Evert.


Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya belajar di rumah. Foto: Ist

 

Ruang Belajar Aman dan Nyaman

Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya belajar di rumah. Oleh karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk memilih perabot ruang belajar anak yang sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.

“Masing-masing anak pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda dan tentunya harus disesuaikan dengan fase tumbuh kembang mereka. Sebagai contoh, anak yang berada di fase taman kanak-kanak cenderung suka bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya, orangtua bisa memfasilitasi dengan perabot seperti meja kecil, papan tulis, dan perlengkapan yang bisa mereka gunakan untuk berkreasi,” saran Dimas Haryo Wirawan, Interior Design Manager IKEA Mall Taman Anggrek.

Dengan adanya upaya yang dilakukan orangtua dalam menyiapkan kebutuhan dan area belajar yang nyaman dan menyenangkan di rumah, tentunya akan membantu anak-anak lebih siap menghadapi kegiatan belajar di tahun ajaran baru dengan antusias.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network