Investasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari ITIF 2024 Tembus Rp862,8 Miliar

Gabriel Arti Kunanto
Foto: Instagram @sandiuno

JAKARTA, iNews Depok.id - Gelaran International Tourism Investment Forum (ITIF) 2024 di Jakarta berhasil menggaet realisasi investasi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif senilai Rp 862,8 miliar atau setara US$ 52,9 juta.

Angka tersebut merupakan bagian dari target peningkatan 20 persen total investasi sepanjang tahun ini.

"Ini nanti direkap, tapi ini bagian dari target peningkatan 20 persen investasi total. Ini ada total investmentnya sekitar Rp 862,8 miliar dan total dari kuartal I-2024 yang sudah tercapai hampir 1 miliar dolar AS," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers, Kamis (6/6/2024).

Sandiaga menargetkan realisasi investasi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif sepanjang 2024 mencapai 3 miliar dolar AS. Sementara pada kuartal I-2024, jumlah realisasi investasi di kedua sektor tersebut sudah mencapai 943,40 miliar dolar AS.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani menyampaikan ada beberapa kesepakatan atau MoU yang diteken selama ITIF 2024 berlangsung.

"Ada beberapa MoU yang dilakukan sebenarnya sebagai bentuk dari implementasi dari promosi-promosi dan investasi kami," jelasnya.

Rizki menegaskan dengan menerapkan prinsip keberlanjutan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan pengalaman memperkaya bagi wisatawan sekaligus melestarikan kekayaan budaya dan alam Indonesia.

ITIF 2024 diikuti 600 peserta dari 29 negara, terdiri dari investor, pemilik proyek, akademisi, pemerintah, organisasi internasional, asosiasi dunia usaha, dan lembaga keuangan. Agenda acaranya terdiri dari 45 pembicara internasional dan nasional serta 8 sesi diskusi khusus mengenalkan peluang investasi proyek kepada investor.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network