Meski Tunanetra dan Anak Petani Desa, Bayu Aji Firmansyah Berhasil Lulus Cumlaude IPK 3,83 di UNY

Donald Karouw
Bayu Aji Firmansyah, mahasiswa tunanetra berhasil lulus cumlaude IPK 3,83 di UNY. Foto: UNY

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kisah inspiratif kali ini berasal dari Bayu Aji Firmansyah, seorang mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Meskipun memiliki disabilitas tunanetra, Bayu berhasil menyelesaikan studinya di UNY dalam waktu 3 tahun 7 bulan dan meraih gelar cum laude dengan IPK 3,83.

Prestasi luar biasa ini dicapai oleh Bayu Aji, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik, yang diterima melalui jalur SBMPTN.

"Alasan saya memilih ilmu komunikasi di UNY adalah karena saya menyadari kemampuan saya. Saya tidak yakin bisa diterima di kampus lain jika saya memilih ilmu komunikasi," kata Bayu seperti yang dikutip dari situs web UNY, pada Rabu (5/6/2024).

Bayu mengungkapkan rasa syukurnya karena mendapat dukungan dari lingkungan sekitarnya. Meskipun sebagian besar dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi belum pernah mengajar mahasiswa tunanetra sebelumnya, mereka tetap terbuka dan menerima Bayu sebagai mahasiswa.

Dosen-dosen tersebut dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan Bayu, dan teman-temannya juga bersedia membantu ketika dia mengalami kesulitan.

Sebagai seorang alumni dari SMAN 1 Bambanglipuro Bantul, Bayu menyadari bahwa kemampuan mobilitasnya tidak sebaik disabilitas yang memiliki latar belakang sekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB).

"Saya mengalami kesulitan menghafalkan letak suatu tempat, sehingga saya selalu pergi ke kelas bersama teman. Biasanya kami janjian bertemu di gerbang fakultas," katanya.

Sejak diterima di UNY, Bayu bertekad untuk lulus dalam waktu maksimal 8 semester. Dia juga menerima KIPK yang mencakup biaya kuliah hingga semester 8, sehingga jika belum lulus pada semester 8, dia harus membayar biaya kuliah.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network