Cocok Untuk Liburan, Ini Daftar KA Dengan Rangkaian Kereta 'New Generation 2024'

Tama
KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS), dengan membawa rangkaian Kereta New Generation Modifikasi, melintas Stasiun Cirebon Kejaksan. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Moda transportasi kereta api (KA) masih menjadi sarana favorit masyarakat untuk bepergian ke luar kota. Selain ketepatan waktu, keamanan dan kenyamanan menjadi alasan bagi para traveler untuk memilih ular besi menjadi transportasi pilihan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, sebagai satu-satunya perusahaan di bidang transportasi yang bergerak di atas rel ini, terus berinovasi memanjakan pelanggannya. Salah satunya dengan produk terbarunya di tahun 2024, yaitu rangkaian kereta 'Stainless Steel New Generation 2024'.

Sedikit berbeda dengan rangkaian pendahulunya, kereta api New Generation 2024 dinilai memiliki desain lebih futuristik dan digadang mempunyai kenyamanan yang lebih baik.

Dalam pengadaannya, pengoperasian Kereta New Generation 2024 dilakukan secara bertahap. Sarana Kereta New Generation 2024 ini diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (ΙΝΚΑ). ΚAI melakukan pembelian 612 sarana kereta baru, yang selesai secara bertahap hingga tahun 2025.

Jenis rangkaian yang telah dimodifikasi menjadi rangkaian Kereta New  Generation 2024 ini meliputi kelas ekonomi, ekonomi premium dan eksekutif. Namun belum seluruhnya menggunakan rangkaian Kereta New Generation 2024 ini.

“Pengoperasian Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada para pelanggan setianya, khususnya pelanggan KA Lodaya. Ke depan, Kereta New Generation akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Nah, kereta api apa saja yang sudah menggunakan rangkaian kereta 'New Generation 2024'? Yuk disimak daftarnya yang berhasil dirangkum iNews Depok:

KERETA STAINLESS STEEL NEW GENERATION KELAS EKSEKUTIF/ ARGO

KA Argo Dwipangga relasi Gambir - Solo Balapan pp, menjadi rangkaian yang pertama kali mencicipi fasilitas Kereta Stainless Steel New Generation 2024, terhitung mulai Rabu, 13 Desember 2023. Tidak hanya itu, di rangkaian KA Argo Dwipangga ini juga terdapat kereta kelas 'Luxury New Generation 2024'.

Keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation 2024 ini di antaranya, pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Hal ini akan semakin memudahkan penggunanya dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap. 

Di samping itu, tersedia juga papan penunjuk digital atau Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta, yang mana dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.


KA Taksaka dengan rangkaian kelas eksekutif Stainless Steel New Generation 2024. Foto: dok. KAI 
​​​​

Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi kaca yang lebih kokoh atau tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Selanjutnya ada kereta kelas eksekutif KA Argo Lawu relasi Stasiun Gambir - Solo Balapan pp. Untuk KA Argo Lawu, pertama menggunakan rangkaian New Generation 2024 pada Senin, 18 Desember 2023.

Menyusul kemudian KA Taksaka, relasi Stasiun Yogyakarta - Gambir PP, yang mulai Kamis, 18 Januari 2024, mulai menggunakan rangkaian New Generation 2024.

Terakhir, ada KA Argo Bromo Anggrek (ABA) dengan relasi Stasiun Surabaya Pasarturi - Gambir. Peluncuran rangkaian Kereta New Generation 2024 pada KA Argo Bromo Anggrek ini pada Jum'at, tanggal 29 Maret 2024, bertepatan dengan mudik Lebaran 2024.

KERETA API KELAS CAMPURAN 

Kereta api kelas campuran adalah kereta yang mencakup kelas eksekutif yang digabung dengan kelas di bawahnya, bisa dengan kelas ekonomi atau bisnis.


Interior kereta eksekutif stainless steel New Generation 2024. Foto: dok. KAI 

Pada kereta api kelas campuran ini, ada KA Lodaya relasi Stasiun Bandung - Stasiun Solo Balapan pp, yang menggunakan rangkaian Stainless Steel New Generation 2024, di kelas eksekutif dan ekonomi premium.

Peluncuran KA Lodaya dengan rangkaian baru ini terhitung sejak Rabu, 1 Mei 2024.

KERETA API KELAS EKONOMI STAINLESS STEEL NEW GENERATION 

PT KAI (Persero) mengoperasikan KA Majapahit relasi Pasarsenen – Malang pp dengan menggunakan jenis Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation, terhitung mulai Senin (25/3/2024) untuk relasi Malang – Pasarsenen dan mulai Selasa (26/3/2024) untuk relasi Pasarsenen – Stasiun Malang.

Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 - 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

Terdapat dua jenis Kereta Ekonomi New Generation. Yang pertama adalah kereta ekonomi new generation stainless steel, yang merupakan produksi PT INKA dan 100 persen dalam kondisi baru.


Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation 2024. Foto: Instagram/nathanapn26

KERETA KELAS EKONOMI NEW GENERATION MODIFIKASI 

Sementara itu, ada juga kereta ekonomi new generation karya tim Balai Yasa Manggarai. Kereta ekonomi jenis ini adalah hasil modifikasi kereta ekonomi dengan tipe kursi tegak lurus dan berhadapan, menjadi kereta kelas ekonomi dengan tempat duduk yang lebih nyaman.

Inovasi terbaru dengan menghadirkan Kereta Ekonomi New Generation, di mana jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga ruang untuk kaki atau leg room-nya menjadi lebih luas.

Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining seatserta bisa disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving).

Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan papan informasi digital atau PIDS yang dapat menampilkan jam dan suhu.

Interior kereta juga dimodifikasi mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.


Interior kereta ekonomi New Generation modifikasi. Foto: dok. KAI

Rangkaian kereta api yang pertama kali mencicipi kereta ekonomi New Generation modifikasi ini adalah KA Jayabaya relasi Stasiun Pasar Senen - Malang pp, yang diluncurkan pada Selasa (26/9/2023).

Selanjutnya ada KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS). Untuk KA GBMS ini memiliki stamformasi dua kereta kelas eksekutif satwa/argo, lima kereta ekonomi new generation modifikasi, satu kereta makan, satu kereta pembangkit, dan satu gerbong bagasi.

KA Gaya Baru Malam Selatan ini memiliki relasi Stasiun Surabaya Gubeng - Pasar Senen pp, via jalur selatan. Peluncuran perdana KA GBMS yang menggunakan rangkaian kereta ekonomi new generation modifikasi ini, pada Kamis, 14 Maret 2024.

Ada harga, ada rupa! Istilah itu menjadi sebutan yang tepat, dengan inovasi yang terus digulirkan PT KAI. Dari daftar kereta api di atas, pasti ada penyesuaian tarif dengan fasilitas dan layanan yang diberikan.

Bagaimana, penasaran untuk mencobanya?

 


Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network