Lebakjero, Stasiun Tertinggi Aktif Kedua di Indonesia Dengan Keindahannya Yang Diapit 2 Gunung

Tama
Stasiun Lebakjero, jadi stasiun tertinggi kedua aktif di Indonesia dengan pemandangan yang indah. Foto: iNews/Tama

GARUT, iNewsDepok.id - Stasiun Lebakjero (LBJ) merupakan salah satu stasiun tertinggi yang bertengger yang masih berstatus aktif. Stasiun yang berada di Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini memiliki pesona wisata tersendiri.

Keindahan Stasiun Lebakjero ini diakui oleh banyak pecinta kereta api (KA) atau yang akrab disebut railfans, sebagai stasiun yang memiliki pemandangan yang cukup indah. Dengan ketinggian +818 meter di atas permukaan laut (mdpl), Stasiun Lebakjero digadang jdi stasiun tertinggi kedua yang masih berstatus aktif di Indonesia, di mana stasiun tertinggi aktif di Indonesia berada di Stasiun Nagreg dengan ketinggian +848 mdpl

Stasiun ini tidak memiliki sesuatu yang memiliki banyak nilai komersial, hanya ada tersedia dua baris bangku penumpang, dan hanya tersedia loket penjualan tiket yang tidak besar.

Stasiun Lebakjero adalah stasiun kereta api kelas III/kecil di daerah perbatasan Ciherang, Nagreg, Bandung dengan Karangtengah, Kadungora, Garut dan merupakan stasiun paling timur di Kabupaten Bandung. Stasiun ini termasuk dalam aset PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi II Bandung.

Stasiun Lebakjero merupakan stasiun milik KAI yang hanya melayani persilangan saja namun apabila terpaksa harus kedatangan tamu alias persilangan KA maka prosesnya cukup melelahkan karena harus maju dan mundur, di mana stasiun ini hanya memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 2 merupakan sepur lurus.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network