Kader PKK RW 10 Kelurahan Mekarjaya Tingkatkan Literasi Masyarakat Lewat Lomba TBM dan GGM

Indra Siregar
Pelaksanaan lomba TBM dan GGM Kelurahan Mekarjaya. Foto : Ist.

DEPOK, iNews Depok.id - Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, mengadakan lomba Taman Baca Masyarakat (TBM) dan Gerakan Gemar Membaca (GGM) yang diikuti seluruh kader PKK di kelurahan tersebut.

Salah satu peserta yang cukup menonjol dalam lomba ini adalah kader PKK RW 10 Kelurahan Mekarjaya.

Adapun, TBM yang ada di wilayah RW 10, Kelurahan Mekarjaya merupakan sebuah lembaga yang menyediakan bahan bacaan yang  memberikan dorongan agar masyarakatnya gemar membaca.

Ketua PKK RW 10, Kelurahan Mekarjaya, Tursiah menjelaskan, pihaknya memiliki program untuk warganya agar mendapatkan informasi khususnya yang bersumber dari bahan pustaka. Program itu sudah berjalan beberapa bulan.

“Gerakan Membaca Keliling yang disingkat Gerbaling yang mana para petugas TBM yang juga kader PKK, yang sudah berjalan selama lima bulan,” kata Tursiah.

Tursiah mengatakan, kegiatan tersebut didukung kader PKK yang berkeliling pada hari tertentu, untuk mengajak dan menularkan gemar membaca kepada masyarakat khususnya anak usia dini.

“Kader PKK pada hari Minggu berkeliling untuk melihat anak-anak atau orangtua yang berkumpul dan mengajak mereka untuk membaca buku, kegiatan ini dimaksudkan mereka mendapatkan kegiatan yang positif melalui gerakan membaca buku, bukan selalu bermain gadget dan juga menanamkan gemar membaca buku sejak dini,” ujar Tursiah.

Selanjutnya, Tursiah membeberkan, ratusan buku yang dimiliki TBM RW 10 merupakan kumpulan dari masyarakat, adapun beberapa buku yang dibeli untuk kemajuan TBM wilayahnya.

“Hampir 400 buku yang ada, merupakan buku yang dibeli maupun sumbangan dari masyarakat sekitar yaitu dari tiap RT, memberikan sumbangan untuk kemajuan TBM, yang  dikoordinir pengurus PKK,” beber Tursiah.

Lebih lanjut, Tursiah berharap, adanya lomba kegiatan tersebut mendukung kegiatan Gerbaling yang sudah dilaksanakan PKK RW 10 untuk menambah wawasan masyarakatnya, sehingga mendapatkan yang terbaik apapun hasilnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa membaca masyarakat di lingkungan RW, sebagai tempat yang edukatif dan mampu menambahkan wawasan ilmu pengetahuan bagi masyarakat. Dengan lomba ini mendukung kegiatan yang sudah berjalan di RW kami, sehingga kami optimis mendapatkan yang terbaik,” tandas Tursiah.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network