Anggota DPRD Depok Beberkan Study Tour Banyak Kebobrokan

Rivalino
Bus rombongan SMK Lingga Kencana Depok yang mengalami kecelakaan maut di Ciater, Subang, Jawa Barat. (Foto: iNews Depok/ist)

DEPOK, iNews Depok. id - Kecelakaan maut yang menimpa rombongan study tour SMK Lingga Kencana Depok  menjadi sorotan tajam. Wakil Ketua Komisi D DPRD Depok, Babai Suhaimi, angkat bicara terkait maraknya kegiatan study tour yang dinilai banyak kebobrokan.

Tragedi SMK Lingga Kencana Depok terjadi saat bus pariwisata Trans Putera Fajar dengan nomor polisi AD 7524 OG yang mereka sewa mengalami kecelakaan di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (11/5/2024) malam. Sebanyak 10 siswa SMK Lingga Kencana Depok meninggal dan puluhan lainnya luka-luka.

"Ternyata bahwa dalam kegiatan  study tour ini banyak menuai kontra. Banyak pendapat, ada orang tua yang tidak setuju, tapi terpaksa menyetujui karena tindakan pemaksaan dari pihak sekolah yang mengharuskan," ungkap Babai kepada iNews Depok, Senin (13/5/2024).

Babai menyoroti berbagai kecacatan dalam penyelenggaraan study tour, mulai dari dugaan paksaan dari pihak sekolah, biaya mahal yang memberatkan orang tua, hingga ketidakjelasan manfaatnya.

Salah satu poin yang disoroti Babai adalah dugaan paksaan dari pihak sekolah. Ia menemukan ada sejumlah kasus di mana orang tua secara tidak langsung dipaksa menyetujui study tour, meskipun keberatan dengan biaya dan potensinya.

"Bahkan ada sekolah juga yang anaknya tidak berangkat, tapi uangnya tetap bayar. Dan ada anak yang tidak bisa berangkat karena ketidak mampuan orang tua tapi dibully akhirnya," bebernya.

Lebih lanjut, Babai menegaskan bahwa study tour, baik di sekolah negeri maupun swasta, harus mendapatkan persetujuan mutlak dari orang tua murid.

"Jika tidak, maka tidak dibenarkan untuk dilaksanakan," tegasnya.

Babai pun mendorong Dinas Pendidikan Kota Depok untuk memperketat regulasi terkait study tour.

"Regulasi harus diperketat, jangan sampai ada korban sia-sia lagi,” pungkas Babai.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network