Bawaslu Depok Petik Pelajaran Berharga dari Pemilu 2024, Siap Berbenah Demi Pemilu Berkualitas

Rivalino
Penertiban APK di masa tenang Pemilu 2024 oleh Satpol PP Depok dan Bawaslu Kota Deppk. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Meskipun Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Depok berjalan lancar, Bawaslu Kota Depok menemukan beberapa catatan penting yang perlu dievaluasi untuk meningkatkan kualitas pemilu di masa depan.

Salah satu temuan utama Bawaslu adalah masih banyaknya pelanggaran di masa tenang, terutama terkait baliho-baliho kampanye yang terpasang hingga H-1 pemungutan suara. Tercatat total 120 baliho masih terpasang, melanggar aturan yang mewajibkan penurunan baliho H-3.

"Ke depan, pada saat Pilkada, kami akan merumuskan strategi yang lebih efektif untuk memastikan seluruh baliho kampanye dapat diturunkan secara menyeluruh sebelum H-1 pemilihan, dan sampahnya pun dapat dikelola dengan baik," ujar Ketua Bawaslu Kota Depok, Fathul Arif, dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Pelanggaran lain yang ditemukan Bawaslu di masa tenang, antara lain politik uang dan kampanye di media sosial. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada pihak-pihak yang belum memahami aturan dan etika dalam berpemilu.

Fathul juga menekankan perlunya peningkatan bimbingan teknis bagi petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Hal ini penting untuk memastikan pemahaman yang menyeluruh tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan meminimalisir kebingungan di lapangan.

"Pada hari H Pemilu, kami menemukan bahwa sebagian petugas KPPS masih belum memahami DPT dengan baik. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan di lapangan," kata Fathul.

Meskipun demikian, Fathul mengapresiasi kerja keras dan kerjasama dari semua pihak, terutama Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah (TP3D), dalam menjaga kondusifitas dan menyelesaikan berbagai masalah yang muncul di lapangan.

"Berkat kerjasama semua pihak, berbagai masalah di lapangan dapat dikendalikan dengan baik. Situasi di TPS dapat segera diatasi sehingga pemilu dapat berjalan dengan aman dan kondusif," tuturnya.

Saat ini, proses perhitungan suara masih berlangsung. Bawaslu mengimbau kepada semua pihak untuk tetap menjaga kehati-hatian dan kondusifitas agar hasil pemilu dapat diterima dengan baik oleh semua pihak.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network