Abster M Wongkar, Polisi Viral Hobi Kawal Ambulan Masyarakat Tanpa Pandang Bulu

Tama
Bripka Abster M Wongkar, polisi yang hobi mengawal ambulan tanpa pandang bulu. Foto: Instagram/abster_matthew

JAKARTA, iNewsDepok.id - Namanya Abster Matthew Wongkar atau lebih dikenal Abster M Wongkar, anggota Bagian Pengamanan dan Pengawalan Provos Korps Kepolisian Air dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Republik Indonesia (Korpolairud Baharkam Polri). Polisi berpangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka) ini, lebih dikenal kalangan masyarakat lantaran hobi mengawal ambulan masyarakat di jalanan.

Bripka Abster M Wongkar ini, sering mengawal ambulan yang membutuhkan bantuan, saat dirinya sedang menuju perjalanan dinas. Tidak hanya mengawal, polisi yang berdinas di Korpolairud Baharkam Polri di Tanjung Priok, Jakarta Utara ini juga kerap menegur pengguna jalan yang tidak taat aturan.

Polisi berumur 33 tahun ini memiliki kepekaan sosial yang tinggi, terlihat di kanal Youtube yang ia miliki dan akun Instagram-nya dengan nama @abster_matthew, Abster sering mengunggah kesehariannya dalam bertugas sembari melakukan tugas sosial.

Keikhlasan Abster membantu masyarakat di jalan, tidak lepas dari motto hidupnya yaitu 'Teruslah berbuat baik, karena berbuat baik itu membuat kita bahagia'.

Abster mengaku, sebagai anggota polisi dirinya mengaku memegang teguh sumpah kepolisian untuk melindungi dan mengayomi masyarakat. Hal tersebut yang ia terapkan di kehidupan sehari-hari selama berdinas.

"Saya disumpah oleh Polri, untuk melindungi dan mengayomi masyarakat. Sumpah itu yang saya terapkan dalam hal pelayanan apapun kepada masyarakat, itu yang menjadi motivasi saya membantu saat di jalanan," kata Abster saat dihubungi iNews Depok, Selasa (27/2/2024).

Anggota Polri angkatan 11 Bintara TA. 2009 Polair atau Leting 2009 (LDS) ini mengaku memiliki beragam pengalaman saat berdinas, khususnya di jalan raya. Mulai dari pengawalan ambulan, menolong kecelakaan hingga menegur pengguna jalan yang tidak patuh lalu lintas.

Salah satunya beberapa waktu lalu, ketika Abster dan rekan dinasnya sedang melintasi kawasan Tol Tanjung Priok, dan didapati kecelakaan truk boks di jalan tol. Kondisi sopir dan kernet cukup mengenaskan lantaran badannya terjepit di bagian kemudi depan truk saat bertabrakan.

Di antara masyarakat yang menyaksikan, Abster dan rekannya bergegas menolong dengan mencari menarik truk tersebut dengan tali, agar korban bisa dievakuasi.

"Belum ada seminggu lalu, kecelakaan truk boks. Banyak warga hanya bisa merekam kejadian, saya dan rekan berinisiatif langsung mengevakuasi," ujar anggota Polri asal Manado ini.

"Kita langsung cari tali lalu diikatkan di truk agar korban bisa dievakuasi. Ya walau sakit bagi korban tapi itu salah satu cara agar korban bisa dievakuasi dan bisa ditangani," imbuhnya.

Peristiwa itu juga diunggah Abster di akun Instagram-nya. Dari ratusan komentar, banyak memberikan respon positif atas apa yang dilakukannya. Bahkan salah satu kerabat korban yang mengalami kecelakaan turut mengucapkan ucapan terima kasih di kolom komentarnya.

Kebiasaan lain Abster yang diapresiasi masyarakat juga soal hobi Abster yang sering mengawal ambulan masyarakat tanpa pandang bulu. Abster mengaku, sering melakukan hal tersebut saat sedang perjalanan dinas.

Bahkan tidak jarang, saat ia mengawal pimpinannya, ia juga tetap membantu ambulan untuk turut masuk ke iring-iringan pengawalannya.

"Kebetulan kan searah, ambulan juga prioritas. Meskipun saya sedang mengawal pimpinan, ya saya ajak mereka (ambulan) untuk masuk ke iring-iringan saya. Dalam hal ini pimpinan juga mendukung," ujar Abster.

Kebiasaan Abster yang mulia ini, banyak mendapat respon positif dari beberapa kalangan. Bahkan karena kebaikan Abster ini, ada salah satu rumah sakit di Jakarta yang menanggung biaya persalinan istrinya.

Hal utama bagi Abster, banyak masyarakat yang memberikan doa positif atas apa yang sering dilakukannya.


Bripka Abster M Wongkar saat mengawal ambulan. Foto: Instagram/Abster_Matthew

"Itulah yang sering saya sampaikan di media sosial, bagi saya teruslah berbuat baik, karena berbuat baik itu membuat kita bahagia. Itu bukan hanya sekadar ucapan atau tagline, tapi hal itu memang benar saya lakukan dalam hal apapun," ujar Abster.

Tidak hanya soal aksi mulia, selama ia sedang bertugas dengan kendaraan dinas BMW GS 1200 cc dan Victory Cross Country 1800 cc, Abster juga sering menemukan perilaku pengguna jalan raya yang tak taat aturan lalu lintas, mulai dari tindakan melawan arah, menerobos lampu merah hingga merokok di jalan sambil berkendara.

Tidak jarang, Abster selalu menegur dan memberi edukasi kepada masyarakat terkait aturan lalu lintas. Abster juga mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas, khususnya bagi pengendara yang sering melawan arah dan melanggar rambu lalu lintas.

"Sering terjadi pengendara melawan arah dan melanggar lampu lalu lintas. Perlu diingat, apa salahnya sabar menunggu lampu lalu lintas daripada kecelakaan, kan kasihan keluarga di rumah. Coba bayangkan, kalau yang kecelakaan karena pelanggaran lalu lintas merupakan tulang punggung keluarga," kata Abster.

Kemuliaan tugas Abster ini juga digadang oleh beberapa kalangan masyarakat, untuk dinobatkan dalam nominasi Hoegeng Awards. Abster bersyukur dan berharap ke depannya banyak anggota Polri yang lebih memiliki jiwa sosial untuk melindungi dan mengayomi masyarakat.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network