Rayakan Hari Bakti ke-74, Imigrasi Buka Layanan Paspor di Car Free Day GBK Jakarta

Marsaulina Lumbanraja
Mobil Layanan Paspor Keliling di Car Free Day Plaza Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (28/01/2024). Foto: Marsaulina L/ iNews Depok.id

JAKARTA, iNews Depok.id - Dalam rangka merayakan Hari Bakti ke-74, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM membuka layanan paspor di car free day (CFD) di Plaza Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (28/01/2024). Layanan ini ditargetkan bisa melayani sebanyak 1.074 pemohon paspor.

Menurut Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, layanan paspor di CFD ini merupakan salah satu bentuk transformasi peran keimigrasian melalui strategi digitalisasi. 

"Layanan paspor di CFD ini memudahkan masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mengurus paspor di hari kerja. Waktu dan lokasi pelaksanaannya juga bersamaan dengan car free day sehingga pemohon bisa sekaligus menikmati aktivitas outdoor di akhir pekan dengan orang terdekat," ujarnya.

Silmy menjelaskan, untuk mendapatkan kuota layanan paspor CFD, pemohon harus mendaftarkan permohonannya secara online melalui aplikasi M-Paspor yang dapat diunduh di Appstore atau Google Playstore.

Pemohon harus mengisi form pada aplikasi dan mengunggah foto dokumen persyaratan yang diperlukan. Pemohon juga harus memilih tanggal pelayanan pada hari Minggu, 28 Januari 2024 dan lokasi pengajuan permohonan "CFD Immigration Service 1074 Paspor (Plaza Parkir Timur Gelora Bung Karno)". Setelah itu, pemohon harus melakukan pembayaran paling lambat 2 (dua) jam setelah menerima nomor kode billing .

Pelayanan paspor CFD ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin membuat paspor pertama kali atau mengganti paspor karena sudah kadaluarsa (expired). Pengurusan paspor hilang dan paspor rusak tidak dibuka pada event tersebut dan harus dilakukan di kantor imigrasi pada hari dan jam kerja. 

"Pastikan pemohon membawa dokumen persyaratan asli saat datang ke CFD untuk wawancara dan pengambilan data biometrik. Bagi yang membuat paspor baru siapkan KTP, akta kelahiran, KK, ijazah/buku nikah. Untuk penggantian paspor cukup membawa KTP dan paspor lama," jelas Silmy.

Layanan paspor CFD ini mendapat apresiasi dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, yang juga hadir dalam upacara Hari Bhakti Imigrasi di lingkungan kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jumat (26/01/2024). Yasonna berharap lewat layanan paspor CFD, pelayanan keimigrasian semakin ditingkatkan sebagaimana tema yang diusung 

“Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi“. "Dalam perjalanannya, Direktorat Imigrasi tentu harus menyesuaikan dengan dinamika perkembangan global dunia," kata Yasonna.

Layanan paspor CFD ini juga mendapat respons positif dari masyarakat. Banyak yang mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Imigrasi Indonesia.

“Saya senang sekali bisa mengurus paspor di CFD. Ini sangat membantu saya yang sibuk bekerja di hari kerja. Saya juga bisa mengajak keluarga saya untuk jalan-jalan di sini sambil menunggu prosesnya selesai. Pelayanannya juga cepat dan ramah. Terima kasih Imigrasi.” kata seorang warga yang menggunakan jasa layanan paspor keliling ini.

“Ini pengalaman pertama saya bikin paspor. Saya kira bakal ribet dan lama, ternyata tidak. Saya cukup daftar online lewat aplikasi M-Paspor, bayar, dan datang ke CFD. Semuanya beres dalam waktu kurang dari satu jam. Saya juga suka dengan lokasinya yang strategis dan nyaman. Saya puas dengan layanan paspor CFD ini.” tambah salah satu pengguna jasa.

“Saya kagum dengan inovasi yang dilakukan oleh Imigrasi. Layanan paspor CFD ini sangat praktis dan efisien. Saya tidak perlu antri lama di kantor imigrasi atau repot mencari waktu luang di hari kerja. Saya bisa mengurus paspor di hari Minggu sambil bersantai di CFD. Saya harap layanan ini bisa terus berlanjut dan ditingkatkan.” tambah salah satu pengguna jasa.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network