Fitur Interaktif Banyak Digunakan saat Belanja Online, Shopee Komitmen Terus Hadirkan Inisiatif Baru
Melihat performa yang kuat di akhir tahun lalu, elemen interaksi diprediksi akan masih mengambil peran kuat dalam memberikan pengalaman belanja yang berbeda di tahun ini.
Melalui Shopee Live, pengalaman belanja berbeda dapat dirasakan dengan adanya interaksi secara real-time baik antara penjual dan pembeli ataupun dengan kreator. Dalam sesi live brand lokal, UMKM ataupun kreator kerap menghidupkan suasana dengan interaksi dialog aktif terkait produknya serta keseruan penawaran, baik promosi atau produk spesial yang dapat habis dalam hitungan detik. Sehingga, hal ini menjadi faktor besar dalam mengambil keputusan saat berbelanja.
Sedangkan fitur Shopee Video banyak dimanfaatkan oleh pengguna yang memiliki preferensi terhadap konten visual yang kreatif dan menarik tanpa harus berinteraksi secara langsung. Saat ini, konten visual memang masih menjadi salah satu cara yang kuat untuk menarik perhatian calon pembeli, baik berupa foto, infografik hingga video. Beberapa diantaranya yang dapat ditemukan mulai dari review produk, unboxing, Shopee Haul hingga kreasi video mix and match yang dapat menjadi inspirasi pengguna.
Elemen interaksi tidak hanya membawa pengaruh bagi pembeli saja, tetapi juga menawarkan dampak positif yang signifikan terhadap para pelaku usaha, khususnya brand lokal dan UMKM.
Kedua fitur interaktif Shopee tersebut saat ini turut berperan dalam strategi bisnis.
Melihat antusiasme yang tinggi dari para pembeli, pelaku usaha pun, baik UMKM dan brand lokal mengoptimalkan fitur ini untuk beradaptasi dengan tren yang berlangsung. Saat ini produk-produk lokal semakin banyak menarik perhatian publik, hal ini juga terlihat pada puncak kampanye 12.12, dimana transaksi produk lokal meningkat hingga 10 kali lipat.
Kampanye 2.2 Shopee Live dan Video Mega Sale menjadi langkah awal di tahun 2024 ini. Foto: Ist
Beradaptasi dalam mengatur strategi dan berkembang dengan kemajuan teknologi pun menjadi langkah fundamental untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan semakin meningkatkan daya saing. Fitur-fitur ini merupakan akses mudah yang dihadirkan untuk memberikan ruang kolaborasi untuk terus maju dan meningkatkan potensi bisnis.
Selain kedua fitur interaktif tersebut, Shopee Affiliate Program juga telah menunjukan dampak positif di tahun 2023 melalui pengalaman yang dirasakan oleh para Shopee Affiliate.
Beragam cerita berbeda, mulai dari kesempatan menggapai mimpi, mendapatkan penghasilan tambahan hingga membantu memperluas eksposure bagi brand lokal. Dengan ekosistem yang terintegrasi, program dan fitur interaktif dapat saling melengkapi untuk menemani perjalanan pengguna, baik pembeli hingga pelaku usaha. Sehingga tidak hanya menjadi wadah perpanjangan tangan, Shopee dapat mendukung seluruh ekosistem sesuai dengan kebutuhannya di tengah ekonomi digital saat ini.
“Perjalanan transformasi digital yang dinamis tidak hanya melahirkan pergerakan tren baru setiap tahunnya, tetapi juga memberikan motivasi untuk terus memahami, beradaptasi dan berupaya memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Kedepannya, kami berharap akan terus dapat menghadirkan pengalaman berbelanja online terbaik bagi para pengguna dan terus bersama bergandengan untuk mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” tutup Monica.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait