24 Januari Hari Pendidikan Internasional, Ini Misinya

Ridha Sofianti
Hari Pendidikan Internasional. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Tanggal 24 Januari diperingati sebagai Hari Pendidikan Internasional, hari ini ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada 3 Desember 2018.

Melansir dari website resmi UNESCO, diketahui tujuan dari peringatan ini adalah untuk mengetahui peran penting pendidikan dan guru dalam melawan ujaran kebencian, sebuah fenomena yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan penggunaan media sosial, yang merusak tatanan masyarakat kita.  

Dunia sedang menyaksikan lonjakan konflik kekerasan yang dibarengi dengan meningkatnya diskriminasi, rasisme, xenofobia, dan ujaran kebencian. 

Dampak kekerasan ini melampaui batasan apa pun berdasarkan geografi, gender, ras, agama, politik, baik offline maupun online. 

Komitmen aktif terhadap perdamaian menjadi lebih mendesak saat ini dibandingkan sebelumnya: Pendidikan adalah inti dari upaya ini, sebagaimana digarisbawahi oleh  Rekomendasi UNESCO mengenai Pendidikan untuk Perdamaian, Hak Asasi Manusia dan Pembangunan Berkelanjutan . 

Pembelajaran untuk perdamaian harus bersifat transformatif, dan membantu memberdayakan peserta didik dengan pengetahuan, nilai-nilai, sikap dan keterampilan serta perilaku yang diperlukan untuk menjadi agen perdamaian di komunitas mereka.

“Karena jika kebencian dimulai dengan kata-kata, maka perdamaian dimulai dengan pendidikan. Apa yang kita pelajari mengubah cara kita memandang dunia dan mempengaruhi cara kita memperlakukan orang lain. Oleh karena itu, pendidikan harus menjadi inti dari upaya kita untuk mencapai dan memelihara perdamaian dunia” ujar Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network