Ini Bahaya Varian Omicron Kawin dengan Delta

TIm iNews
Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA, iNews.id-  Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan perkawinan antarvarian  Omicron dengan Delta sangat memungkinkan. Terlebih jika wilayah tersebut rendah sekali penerapan protokol kesehatan, lemahnya pelaksanaan 3T (testing, tracing, dan treatment), dan minimnya cakupan vaksinasi Covid-19.

Ini terbukti dari lahirnya Omicron di Afrika Selatan, terlebih wilayah itu tinggi kasus HIV. "Afrika Selatan dengan cakupan vaksinasi Covid-19 rendah dan tingginya pasien HIV menjadi bukti lahirnya Omicron di sana dan ini memungkinkan terbentuknya varian lain karena mutasi yang terjadi begitu besar," papar Dicky, Jumat (4/2/2022).

Potensi perkawinan varian semakin besar jika virus lama menginfeksi tubuh manusia. "Semakin lama orang itu memiliki virus dalam tubuhnya, semakin besar potensi lahirnya varian baru," jelas Dicky.

Perkawinan antarvarian akan menciptakan virus rekombinan adalah teori di mana seseorang sangat bisa terinfeksi lebih dari satu varian.

BACA JUGA:

Peta Rawan Bencana Erupsi Gunung Anak Krakatau

Temuan kasus terjadi pada orang yang terinfeksi varian Alpha juga terinfeksi varian Delta atau Gamma.

Salah satu kasus yang berhasil teridentifikasi datang dari Vietnam. Menurut Dicky, itu menunjukkan bahwa seseorang sangat mungkin terinfeksi lebih dari 2 varian Covid-19. "Fakta mengatakan bahwa di Vietnam ada pasien terinfeksi lebih dari dua varian Covid-19," kata Dicky.

Jika varian satu dengan varian lain kawin, maka menyebabkan terciptanya satu kombinasi varian yang sangat berbahaya dan merugikan keselamatan manusia.

Ia mengatakan, jika virus dibiarkan lama, berbulan-bulan misalnya akan sangat berbahaya karena akan menyebabkan mutasi. Semakin banyak mutasi yang terbentuk, akan memperlambat proses penyelesaian pandemi.

Editor : Ikawati

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network