700.000 Orang Hari Ini Diprediksi Manfaatkan KA Jarak Jauh Selama Libur Nataru

Tama
Seorang anggota Brimob berjaga, mengamankan arus mudik Nataru 2023 di Stasiun Bekasi. Sementara itu, terlihat lonjakan calon pemudik di stasiun tersebut, Senin (25/12/2023). Foto: iNews Depok/Tama

BEKASI, iNewsDepok.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi jumlah masyarakat yang melakukan perjalan melalui Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir naik dan wilayah aglomerasi di Jakarta. Untuk hari ini, diprediksi 700.000 orang akan memanfaatkan kereta api (KA) selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Menhub menyampaikan saat ini sudah terlihat adanya peningkatan jumlah penumpang yang melakukan perjalanan dari sejumlah stasiun di ibu kota.

"Tahun lalu jumlah penumpang selama masa Nataru sebanyak 600.000 orang. Sekarang ini diperkirakan bisa mencapai sekitar 700.000 orang. Jadi kenaikannya signifikan dan makin produktif, karena jumlah penumpang yang dari Jakarta keluar dengan yang dari daerah ke Jakarta sama banyaknya," kata Budi dalam keterangan tertulis, Senin (25/12/2023). 

Secara keseluruhan, Budi mengatakan berdasarkan data PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I menyediakan sekitar 773.000 tempat duduk di masa Nataru (21 Desember 2023 - 7 Januari 2024) atau 42.958 tempat duduk per harinya.

Berdasarkan data, dari Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 166.592 penumpang sejak tanggal 21-24 Desember 2023. Adapun tujuan perjalanan antara lain ke Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, hingga Malang.

Ia pun memastikan petugas memberikan pelayanan dengan baik sehingga perjalanan penumpang di stasiun Pasar Senen berjalan lancar.

"Masa liburan ini saya minta kepada PT KAI dan Dirjen KA untuk melakukan suatu kegiatan kolaborasi. Karena apa yang akan kita lakukan ini adalah melayani masyarakat. Bapak Presiden memberikan note (catatan) kepada kami para menteri agar melaksanakan kegiatan Nataru dengan aman dan nyaman," ujarnya. 

Menhub juga menyampaikan terima kasih kepada KAI, TNI/Polri serta seluruh stakeholder di sektor perkeretaapian yang telah berkolaborasi melancarkan perjalanan masyarakat selama libur Nataru

Sementara itu, Kepala PT KAI Daop I Jakarta, Iwan Eka Saputra mengatakan, penumpang kereta api di wilayah Daop I tahun ini diperkirakan naik sekitar 20 persen dibanding dengan tahun lalu. Penumpang kereta api ekonomi mendominasi okupansi per harinya. 

"Sebagaimana arahan pak Menhub, kami akan memperhatikan aspek-aspek pelayanan, keselamatan, dan keamanan dari para penumpang," tuturnya.

Untuk masa Nataru tahun ini, PT KAI Daop I Jakarta menyediakan 1.319 perjalanan kereta api (KA) atau sekitar 73 perjalanan KA per harinya. Perjalanan KA tambahan disediakan sebanyak 184 KA atau sekitar 10 perjalanan KA tambahan per harinya.

Sementara itu, pantauan iNews Depok di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, terlihat lonjakan pemudik yang akan bepergian ke luar kota. Kota Bandung, Yogyakarta dan sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur masih menjadi andalan tujuan mudik.

Salah satunya Tri Ayumi, calon pemudik tujuan Klaten, Jawa Tengah. Tri mengaku sudah memesan tiket sejak sebulan lalu agar bisa menikmati libur tahun baru bersama keluarganya di kampung halaman.

"Saya berempat, cari tiket sudah sebulan lalu, sudah saya siapkan. Kalau pesan seminggu sebelum keberangkatan pasti enggak bakal dapat. Apalagi saya bawa empat orang," kata Tri kepada iNews Depok.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network