Berbagai Potensi Wisata Desa Batu Ampar Mulai dari Alam, Budaya Hingga Kuliner

Novi
Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua bersama Juri ADWI 2023 melakukan visitasi ke Desa Wisata Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Foto: Kemenparekraf RI

Desa Wisata Batu Ampar dapat ditempuh dengan penerbangan pesawat CGK – BKS (1 Jam 55 Menit), kemudian melalui jalur darat menuju Desa Wisata Batu Ampar (2 Jam 30 Menit).

Beberapa potensi yang dimiliki:

1. Alam; Hutan, Sungai, Hutan Bambu, Air Terjun

2. Ekonomi/Agro: Perkebunan Kopi, Aren, Lada

3. Budaya; Pencak Silat, Gitar Tunggal, serta tari-tarian

4. Kuliner; Kuliner desa yang dikembangkan berdasarkan potensi lokal Desa Batu Ampar seperti Peyek Daun Kopi, Stick Unji, Stick Rebung, Cucur Bandan, Kopi Bubuk, Kue Tat, Bolu Kopi, Gula Aren, dan Bolu Gula Aren.

Desa Wisata Batu Ampar memiliki potensi daya tarik wisata alam berupa Air Terjun Donok dengan ketinggian lebih kurang 20 meter dengan sumber air berasal dari Taman Wisata Alam Bukit Hitam Kabupaten Kepahiang. Tak hanya menyuguhkan suara air terjun yang keras, di sekitar air terjun juga terdapat beberapa goa.

Lewat sarana Camping Ground yang dibuat, selama di Desa Wisata Batu Ampar, wisatawan dapat merasakan sensasi menyatu dengan alam. Menikmati sejuknya alam dan membaur dengan masyarakat untuk belajar cara memetik kopi, mengolah pucuk daun kopi menjadi peyek/bolu kopi, memanen unji, dan mengolahnya menjadi stick unji juga mengolah rebung menjadi stick rebung.

Kesenian yang ada di Desa Wisata Batu Ampar yakni berupa Tari Penyambutan, Pancak Silat, Sarapal Anam, dan Tari Rendai. Sementara budaya yang dimiliki seperti Penyambutan oleh Pemangku Adat Desa diserta dengan Tari Sekapur Sirih, Sedekah Adat dalam pelaksanaan ulangtahun desa dan permainan gasing oleh anak-anak yang ada di Desa Batu Ampar yang sampai dengan saat ini masih tetap terlestarikan dengan baik.

Desa Wisata Batu Ampar juga menyediakan berbagai souvenir berupa kerajinan tangan dimana merupakan usaha masyarakat lokal seperti membuat anyaman dari bambu, gagang cangkul serta alat-alat rumah tangga yang terbuat dari bambu seperi gelas, pipet, tatakan gelas, asbak rokok serta mainan kunci.

Tak hanya itu, di Desa Wisata Batu Ampar kita pun bisa menemukan berbagai souvenir Fesyen berupa Batik Basure, Batik Kaganga, dan Tas anyaman bambu.

Dengan beberapa potensi tersebut, tak heran jika Desa Batu Ampar ditetapkan sebagai Desa Ekowisata dengan menjadikan semua potensi sebagai bagian menu wisata. 

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network